Asistensi Praktikum Fisika Dasar

praktikum 3Semester ini aku baru aja ngambil mata kuliah praktek keja lapangan PKL. Jangan dibayangkan PKL nya ke perushaan-perusahaan gitu, PKL di Fisika UNDIP sekedar jadi asisten untuk mata kuliah Praktikum Fisika Dasar. Tapi ya nggak sekedarnya juga sih, banyak juga pengalaman yang bisa diambil dari sini. Seperti bekomunikasi yang baik dengan praktikan, ngejelasin yang bener dan runtut Continue reading

Advertisements

Masa Depan Energi Indonesia bersama Hidrogen Fuel Cell  

hidrogenEnergi memegang pernanan penting dalam menggerakan perekonomian dan perkembangan suatu bangsa. Saat ini sekitar 80-90 persen kebutuhan energi berasal dari pembakaran fosil seperti minyak bumi, batubara dan gas alam. Bahan bakal fosil ini tidak terbarukan dan jika dieksploitasi setara terus-menerus akan habis, dan timbul Continue reading

COSMOS Fisika UNDIP : Foto PH

IMG_3444Sepertinya ini udah mulai akhir-akhir sih buat postingan tentang Biro Riset Cosmos Fisika UNDIP. Cosmos udah suksesi, udah ganti pemimpin dan pastinya bakal ganti kepengurusan juga. Dari kepemimpinan Fajrul juga udah digilir ke kepemimpinan Ridho.  Continue reading

Alasan Mengapa Gas Alam Lebih Baik

Sampul fixPosisi ketahanan energi Indonesia semakin merosot dalam beberapa tahun terakhir. Penyebabnya, ketidakseimbangan laju ketersediaan energi dengan kebutuhan. Peringkat Indonesia dalam Climate Change Performance Index (CCPI) Indonesia menduduki peringkat ke 37, di bawah Thailand, tetapi masih lebih baik daripada Spanyol dan Yunani. Amerika Serikat menempati ranking 56. Di peringkat terbawah Republik Iran (59) dan Saudi Arabia (60). Hal ini dipengaruhi oleh faktor ketahanan energi meliputi tiga aspek, yakni ketersediaan sumber energi, keterjangkauan pasokan energi, Continue reading

Sabun Choyong, First Impression

IMG_20171114_215330Beberapa waktu lalu alhamdulillah dapet special gift dari Choyong. Jadi yang bagi yang belum kenal Choyong, Choyong itu salah satu sabun herbal anti jerawat dan anti aging.

Yang beda Continue reading

Insight : Ketemu Founder KokBisa?

Whoaaa…
baru kemarin rasanya aku bikin story-story ga jelas di wasap sama instagram. Dan hari ini, bisa ketemu sama orangnya langsung.

Jadi gini, siang tadi banget aku diajakin ketemu sama foundernya kokbisa?. itu loh chanel yutub yang ngebahas tentang sains-sains gitu, tapi pengemasannya lebih sederhana, mudah dipahami dan tentunya menarik banget buat diikutin.

Disini aku ngga bakal banyak-banyak nulis sih, tapi berhubung sebelum kelupaan buat ditulis. Ada beberapa hal yang aku dapet dari ketemu si Abang-abang kokbisa? tadi Continue reading

Isu-isu dalam Perkembangan Nanomaterial dan Profit Masa Depan

nanomaterial

Nanoteknologi

Istilah nano berasal dari bahasa Yunani yang berarti kerdil atau kecil, digunakan untuk satuan dimensi. 1 nanometer sebesar 1 per semiliyar meter atau m.  Nanoteknologi merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi Continue reading