Pause Organisasi dan Efek Bitcoin

Image result for bitcoin
www.financemagnates.com

Kalau kalian ngikutin informasi teknologi pasti udah pada tahu atau miniman denger tentang Bitcoin. Singkatnya bitcoin itu salah satu dari jenis criptocurrency.  Cryptocurrency adalah sebuah teknologi membuat mata uang digital dengan menggunakan teknologi keamanan tertentu  yang membuatnya tidak dapat dipalsukan.

Kalau masih belum begitu paham tentang bitcoin ini kalian bisa baca tulisan pak Budi Rahadrjo tentang analogi bitcoin.

Di kampus sendiri bitcoin ini cukup menjadi perhatian apalagi bagi yang ngambil jurusan IT. Mereka pada demen gitu. Disamping keliatan keren — emang keren beneran sih, bitcoin juga bisa nambah uang saku. Dan itu lumayan. Nilai yang kita investasikan bakal bisa berubah menjadi berkali-kali lipat, kalau harganya jadi naik. Kalau turun ya bisa turun drastis.

Di sini ga bakal cerita tentang gimana caranya ngatur investasi bitcoin biar jadi makin banyak. Wong saya juga ngga makai hehe. Jadi ceritanya temen bidang saya ada yang aktif menggunakan bitcoin, investasi-investasi gitu. Beberapa waktu lalu dia sempat kehilangan kabar beberangan dengan turunnya nilai saham bitcoin.

Kalau saya boleh menerka-nerka (selain masalah pribadi dan sebagainya) sepertinya ya dia lagi pusing gegara mikirin kondisi ini. But why?

Nilai Bitcoin Fluktuatif

Nilai harga dari cryptocurrency sebagian besar ditentukan oleh kekuatan buy and sell dari para pengguna teknologi ini. Jadi secara ngga langsung nilainya bakal berubah-ubah dan ngga tetap.

Image result for fluktuasi nilai saham bitcoin juli 2018
www.id.investing.com

Itu grafik harga bitcoin pas lagi naik-naiknya, jika diuangkan nilainya bisa mencapai 19.340 dollar AS atau setara sekitar Rp 261 juta rupiah. Besar banget bukan. Hal tersebut terjadi saat pada awal melejitnya bitcoin.

Kalau dibandingkan dengan sekarang ini harga bitcoin sepertinya telah mengalami penurunan.

Image result for fluktuasi nilai saham bitcoin juli 2018Pada grafik ditunjukan hanya sampai bulan April, tapi sepertinya sudah mewakili.

Nilai Bitcoin

Para investman, atau yang masang saham di sana untuk mengatasi kondisi ini. Mereka harus fokus dan stay buat ngurusin supaya kerugian yang dialami tidak semakin besar.

Dan sepertinya teman saya ini juga menghadapi hal yang sama. Akhinya, ya dia harus pause dulu dari organisasi.

Secara Agama Bitcoin Masih Abu-Abu

Image result for hukum islam
Panjiislam.com

Bitcoin secara agama hukumnya memang masih menjadi perdebatan ada yang bilang boleh ada yang ngga.

Nah kalau menurut ketua komisi dakwah MUI mengatakan hukum Bitcoin sebagai alat tukar adalah mubah (boleh) bagi mereka yang berkenan untuk menggunakan dan mengakuinya.

Namun hukum Bitcoin sebagai investasi menjadi haram karena nyatanya Bitcoin diperlakukan sebagai alat spekulasi, bukan untuk investasi, atau dengan kata lain, hanya menjadi alat permainan untung-rugi, bukan suatu bisnis yang menghasilkan.

Buat masalah-masalah hukum ini tentunya banyak pertimbangannya kenapa boleh kenapa ngga boleh. Lebih detailnya bisa dibaca di sini.

Jadi ya abu-abu juga akhirnya boleh ngganya si bitcoin ini. Membuat diri ini juga ragu untuk menggunakannya atau ngga.  Si orang ini katanya juga ga mau main-main bitcoin juga karena ini. Mungkin teman saya juga berfikir demikian hingga menghilang sejenak haha

Image result for yey

Allhamdulillah, orangnya sekarang telah kembali.

Tetapi jika melihat tindakannya yang begitu, bukan buat dia aja sih. Buat diriku sendiri atau yang lain pun sama. Bawasanya meninggalkan amanah itu kurang baik, apalagi kalau amanah tersebut berhubungan dengan orang lain.

Bukan hanya diri mu sendiri yang dirugikan, orang lain pun sama. Setidaknya jika merasa lelah atau capek dalam berorganisasi, akan lebih baik cerita atau minta waktu untuk “menyendiri”. Biar yang lain juga ngga kebingungan nyariin 😀

Karena pada intinya semua orang itu punya masalah masing-masing yang perlu diselesaikan, namun kalau udah urusannya sama orang lain konfirmasi dan koordinasi yang utama.



Catatan

Niat dinulis hal ini bukan berarti kok saya suka mengungkit-ngungkit masalah. Semua orang ya butuh waktu buat sendiri. Wajar. Apalagi kalau udah organisasi di kampus tu bikin pusing dan capek, kegiatan lain makin bercampur aduk dan diduakan.

Ehe, biasanya sih gitu :v

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s