Keliling Sam Po Kong dan Lawang Sewu

Pakai 11
Perjalanan Sam Po Kong dan Lawang Sewu

Semarang jantung provinsi Jawa Tengah, luasnya ngga seberapa besar.  Namun menyimpan berpuluh-puluh tempat unik yang tentunya bisa banget buat kita kunjungi.

Jadi, saya sudah 3 tahun hidup di kota semarang namun hanya sempet berkunjung dan jalan-jalan di beberapa tempat saja. Nah beberapa waktu lalu, saya sempat mengunjungi beberapa tempat terkeren yang ada di Semarang. Mana lagi kalau bukan Klenteng Sam Po Kong dan Lawang Sewu (seumur-umur di Semarang baru petama kali ini haha).

Anyway, tempat-tempat tersebut juga enak dan nyaman banget dikunjungi bersama keluarga!

pakai
Gerbang dekat pintu masuk Sam Po Kong

Pertama, kami jalan ke Sam Po Kong dulu. Kurang lebih 30 menit dari Tembalang , tapi pas ke sana ternyata bebarengan dengan Festival Cheng Ho. Jadi jalanan menuju ke arah Sam Po Kong digunakan sebagai tempat dan area karnaval. Akhirnya beberapa persimpangan di tutup dan lumayan macet –di maps lajurnya merah.

Sedikit cerita, jadi Sam Po Kong merupakan klenteng dari masa dinasti Ming di dirikan sebagai petilasan dari Laksamana Cheng Ho. Klenteng ini juga  sebagai bentuk penghormatan kepada laksamana Cheng Ho yang dianggap warga Cina-Semarang sebagai nenek moyang.

pakai 6
Ramainya suasana di Sam Po Kong

Festival Cheng Ho sendiri adalah acara yang diadakan oleh Pemerintah Semarang setiap tahunnya.

pakai 7
Karnaval Festival Cheng Ho
Pakai 10
Di sini banyak ular naga nya

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan atau pengunjung lokal Semarang. Kemeriahan dari festival ini membuat Festival Cheng Ho masuk ke 100 Wonderful Events Kementerian Pariwisata tahun 2018. Selain itu waktu pelaksanaan juga sangat panjang dengan sajian padat penuh warna.

Pakai 4
Papan Denah Lokasi di Klenteng Sam Po Kong

Selain festival tersebut, di sini ada beberapa bangunan dan spot foto yang membuat kamu serasa berada di luar negeri. Iyaaa~ suasanya membawa kita serasa di China atau di bagian negara tiongkok yang lain.

Sayang sekali, karena ada festival itu kami tidak bisa berfoto secara leluasa karena ada beberapa bagian klenteng yang di tutup sementarah. Yah, tapi tidak mengapa kami malah bisa menikmati serunya festival Cheng Ho.

pakai 5

Suasana kota Semarang semakin lama semakin panas, akhirnya kami pindah lokasi lagi, masyarakat juga makin mulai surut juga. Nampaknya ngerasain hal sama hihi, Semarang panas banget.

Kami beralih lagi ke Lawang Sewu, iya Lawang Sewu yang biasanya dijadikan tempat lokasi syuting serial atau talkshow yang misteri-misteri gitu.

Related image
Sumber :Wikipedia

Ya sebenernya ga salah kalau disebut begitu sih. Lawang Sewu dulunya merupakan sebuah gedung tua bersejarah peninggalan Belanda, dan sekarang menjadi destinasi wisata favorit di Semarang.

Oh iya, waktu tempuh dari Sam Po Kong —— Lawang Sewu cuma 10 menit kok. Jadi ngga jauh-jauh banget kan ya.

Lawang Sewu ini cocok banget buat ngadem dari panas nya kota Semarang, dinginnnn. Suasananya juga mantep, serasa kembali menikmati kehidupan zaman lampau.

Pakai 14
Foto-foto perkereta apian di Indonesia

Lawang Sewu ini dikelola oleh PT-KAI. Ada musem kereta apinya juga. Hal tersebut karena Lawang Sewu adalah gedung bersejarah milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang awalnya digunakan sebagai Kantor Pusat perusahaan kereta api swasta Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM).

Awalnya kami memasuki ruangan berisi foto-foto Kereta Api, kemudian semakin masuk memasuki ruangan-ruangan lain. Selain itu di Lawang Sewu juga ada bagian perpustakaan, dokumen blue print dari pembangunan Lawang Sewu ini.

Di Lawang Sewu ini saya paling suka dengan suasananya enak dan adem. Di lorong-lorong jalan juga bangus banget dibuat untuk berfoto sangat artistik. Sehingga waktu yang kami habiskan di Lawang Sewu kebanyakan hanya berjalan dan berfoto di sekitaran lorong.

Lawang Sewu ini juga terdapat Kereta Api nya lho, jadi buat anak-anak ini pastinya menarik banget. Waktu berkunjung juga banyak orang tua dan anak yang asyik naik kereta apinya. Dan tenang aja, di sini aman kok, kan ada penjaganya.

 

Keliling Semarang_180818_0137
Di belakang ini ada kereta apinya. hihi

Pakai 17

Semakin siang ternyata terik matahari tidak bisa membohongi, karena sebelum berangkat badan udah rada ga nyaman ditambah musim kemaraunya Semarang kian menjadi akhirnya terpaksa menyudahi perjalanan kali ini.

Sehingga buat kalian yang badannya ga stabil karena perubahan musim yang sering datang dadakan. Siap sedia Mixagrip ya.

14645-mixagrip-flu-batuk-cocok-untuk-flu-yang-disertai-batuk-104652

Saya juga begitu sebelum berangkat minum Mixagrip dulu supaya ngga malah makin parah dan sakitnya teratasi. Apalagi masalah flu kan ya, udah pusing nyut-nyutan, hidung meler, bersin-bersin harus segera diatasi. Biar segera fresh dan reda sakitnya.

Kita Semua Memang Cocok Minum MIXAGRIP ❤

Pakai 8

Sampai jumpa di perjalanan berikutnya!



Disclaimer

Tiket masuk yang perlu kamu bayar untuk masuk Sam Po Kong senilai Rp 10.000,- (Sabtu dan Minggu) dan Rp 5000,- (Senin-Jumat)

Tiket masuk  Lawang Sewu seharga Rp 10.000

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s