Interview….

Hal yang terjadi setelah perjalanan lalu

Rencananya setelah dari Malaysia kemarin aku bisa membuat beberapa part cerita. Mamun ternyata tidak kunjung muncul juga. Jadi bisa dianggap juga ini lanjutan dari cerita kemarin. Bagi yang belum baca, baca disini.

2 minggu sudah kegiatannya selesai. Namun ceritanya tidak kunjung selesai juga ternyata. Justru rasanya baru saja dimulai. Kemarin pagi ada adek kelas saya di asrama dulu tiba-tiba ngontak saya.

Assalamuallaikum mbak, ini dengan mbak Diah. Mau wawancara buat majalah

Dan alhasil saya langsung syok jantungan, astajim astajim bisa-bisanya mereka tahu. Malah ini mau wawancara segala. Saya coba ngeles sana-sini, namun tak kunjung ada hasil juga. Pada akhirnya ya tetep wawancara — saya belum siap jadi terkenal sih, nanti susah jalaninnya XD

Karena saya dihari minggu sedikit ada kerjaan, perga-pergi dan ngurusin tugas kuliah yang dari kemarin belum dikerjain. Saya pikir ga usah wawancara-wawancaranan segala, mending saya buatin teks nya sekalian. Begini isinya


Ceritanya Begini…..

Februari kemarin, tepatnya tanggal 21–26 Februari saya alhamdulillah mendapat kesempatan buat jalan-jalan di Malaysia. Bukan jalan-jalan sih, lebih tepatnya mengikuti event MTE (Malaysia Technology Expo) 2018 yang diselenggarakan pada 22–24 Februari 2018 di Putra World Trade Center, Kuala Lumpur, Malaysia.

Pada ajang ini, Indonesian Innovation and Invention Promotion Association(INNOPA) mengirimkan 32 tim dari Indonesia dan salah satunya dari saya dan tim. Kalau dari UNDIP sendiri mengirimkan 3 tim delegasi.

Sebenernya bisa dibilang ini bukan dipilih sih. Karena untuk mengikuti acara tersebut kita perlu submit abstrak penelitian terlebih dahulu ke website panita. Kemudian pengumuman, lolos dan tinggal melengkapi admministrasinya.

Mbak itu perlu bayar apa ngga

Untuk mengkuti event internasional seperti ini kita tetep bayar kok. Untuk submit karya, tiket pesawat, makan dan jalan-jalan — ndak perlu ditanya ya XD. Tapi alhamdullilah kita bisa fully funded karena mendapat dana dari universitas. Namun harus bikin dan ngurusin proposal pengajuan dana terlebih dahulu.

Dalam eventini gambaran umumnya kita nge-expo-in produk hasil riset kita. Pesertanya dari umum, jadi semua orang boleh ikut dalam event ini. Company, Mahasiswa, Dosen, Pelajar SMA-SMP bahkan anak SD pun ada yang ikut menunjukan hasil riset dan inovasi mereka. Kalian siswi Al-Fatimah pun punya kesempatan yang sama buat menampilkan produk riset kalian. Dalam event ini saya dan tim mengangkat topik riset tentang lingkungan dengan judul River Water Purified using Electrocoagulation, Double Filtration and Ozonizazion and Double Filtration to Improve The River Watar Quality in Indonesia. Membuat filtrasi air semacam Pure It gitu.

Alhamdulillah dari evant ini kami berhasil membawa mendali perunggu, sayang sekali belum mendali emas. Tapi ya Alhamdulillah dari pada pulang ngga bawa apa-apa. Hehe.

Kesan

Kalau dihitung lama kami di Malaysia selama seminggu, 3 hari untuk kegiatan expo dan sisanya untuk muter-muter Malaysia. Ternyata keliling-keliling di negara orang juga menarik. Kalau dibandingkan dengan negara lain seperti ke Jepang, Korea atau Eropa. Malaysia ini ngga sebegitu beda jauh sama Indonesia, miriplah sama Jakarta.

Cuma disini transportasi, karakter penduduknya sedikit berbeda. Lebih teratur. Jarang banget ngerasain macet.

Maaf kalau kurang banyak. Sebelumnya kesan saya tentang Malaysia pernah saya tulis di blog saya. Kamu bisa baca di sini— alamat baru sih masih sepi tulisannya.

Pesan buat anak Al-Fatimah

Kehidupan zaman now itu semakin meng-global. Harus kuat membangun pondasi agama dan keilmuan. Kembangkan passion kalian, jangan ikut-ikutan sama temennya (terutama anak XII yang mau masuk kuliah nih) tekunin passionnya insyaAllah itu modal kalian buat menghadapi globalisasi sekarang ini.

Banyak-banyak pula mencoba hal-hal baru. Saya bukan orang yang wow kok serius, biasa aja kok :D. Tapi saya suka belajar (learning something new) dan berusaha memberi manfaat lebih karena dengan itulah hidup kita bakal jauh lebih berarti.

Cobalah ikut bebagai macam kompetisi, entah itu akademik atau nonakademik. Toh kalau misal gagal ya kita udah dapet sesuatu yang berharga dari kegagalan itu learning something new.

Pesan kesan untuk Ustadzah

Terimakasih ustadz-ustadzah Al-Fatimah udah mau menerima saya sebagai muridnya. Hehe. Ngga-ngga. Tapi saya berterimakasih dan bersyukur sekali bisa sekolah di Al-Fatimah dulu. Membuka banyak mindset buat saya. Semangat selalu untuk ustadz-ustadzah selalu sabar ngadepin santriwati yang kadang mbandelin.

Semoga kedepanya Al-Fatimah menjadi lebih baik lagi

Oh iyaa..

Sebelumnya saya Diah Ayu Suci Kinasih, biasa dipanggil mbak Suci atau Diah juga boleh. Saat ini sedang menempuh pendidikan di jurusan Fisika — Universitas Diponegoro Semarang. Dulu saya bingung kenapa saya harus ngambil jurusan Fisika dan berulang kali merasa salah jurusan. Tetapi setelah dijalanin ya Alhamdulillah saya mendapatkan banyak hal di jurusan ini, melakukan projek riset mahasiswa, ikut organisasi riset dan tengah ngembangin media berbasis sains juga — walaupun diajakin.


Ya udah tau kan ya. Intinya postingan ini buat ngeshare ini.

Tapi ngga juga sih, sebenernya saya seneng kalau disuruh sharing-sharingentah itu disuruh nulis atau cerita. Hanya saja kalau udah nyebar kemana-mana, ke media apa lagi kok malah yang saya lakuin kegiatan yang saja jalanin jadi malah terlalu berlebihan. Mungkin saya ya dulu masih begitu juga terlalu berlebihan menghadapi atau menyikapi suatu hal. Tapi alhamdulillah-nya cukup ngerti sekarang.

Bawasanya tidak semua hal itu harus dilebih-lebihkan, ditanggapin berlebihan, dishare yang berlebihan. Suka yang tenang dan calm gitu.

Semoga hari-hari kita dilipahi k

eberkahan. Aamiin 😀




Artikel ini juga saya tulis di medium saya https://medium.com/@diahayukinasih97

 

Advertisements

2 thoughts on “Interview….

  1. Lintang_fajar 17 March 2018 / 9:43 am

    Selamat mbak udah berhasil pulang, hehe
    Lanjutkan risetnya

    Like

    • Diah Ayu Suci Kinasih 25 May 2018 / 2:41 pm

      Iya masama ya 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s