Asistensi Praktikum Fisika Dasar

praktikum 3Semester ini aku baru aja ngambil mata kuliah praktek keja lapangan PKL. Jangan dibayangkan PKL nya ke perushaan-perusahaan gitu, PKL di Fisika UNDIP sekedar jadi asisten untuk mata kuliah Praktikum Fisika Dasar. Tapi ya nggak sekedarnya juga sih, banyak juga pengalaman yang bisa diambil dari sini. Seperti bekomunikasi yang baik dengan praktikan, ngejelasin yang bener dan runtut dan penilaian.

Satu dari banyak hal yang aku dapet dari mata kuliah ini, disini baru nyadar tenyata kemampuan menjelaskan sesuatu ke orang yang aku punya masih jelek. Padahal udah persiapan dan latihan sebelum ngeasistenin. Tapi ya lumayan lah, udah belajar dan ada peningkatan walaupun sedikit.

Kegiatan menilai laporan praktikum ternyata cukup melelahkan dan memakan banyak waktu. Dan ini yang membuat sedikit ada rasa males buat ngoreksi. Alhasil laporan banyak yang ketumpuk dan ngga sempet ngoreksi, ngoreksi cuma sekenanya.

Aku ngeasisten-in jurusan teknik lingkungan, dan sistem komputer. Dan beberapa kali rooling sama asisten lain di jurusan Instrumentasi dan Elektronika dengan judul percobaan yang sama K2 Hukum Joule.

praktikum 2

praktikumnya gampang, cuma masuk-masukin air ditimbang, dipanasin diliat suhunya. Gitu. Tapi tenyata banyak yang kesusahan juga, pas praktikum banyak yang salah sehingga data yang dihasilkan pun banyak yang kacau. Sebenernya ga masalah sih datanya rada ga bagus, asal pas di laporan praktikumnya cara analisanya bagus dan lengkap. hehe… tapi disini, mereka analisanya cuma sekenanya banyak yang ga lengkap. Tapi tetep dimaklumi karena pengerjaannya cuma semalam.

Karena ini jurusan lain yang aku asistensiin, sedikit beda sih dengan ngeasisten-in jurusan sendiri. Kalau di jurusan fisika sendiri asistensinya lebih ketat, standar penilainnya lebih tinggi kalau disini mah cukup nyesuaiin, kalau format dan pengerjaannya udah bener ya dapet 70+ lah nilainya.



buat yang pengen tahu pengerjaan praktikum fisika dasar di universitas diponegoro, nanti aku post di tulisan selanjutnya..

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s