Paham dan Memahami

Posted on Updated on

Sangat penting dalam kehidupan kita untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Dalam berkomunikasi itu, kita nggak sekedar nyampein pendapat atau pun berharap orang itu bakal selalu ngedengerin apa yang kita sampein, tanpa kita nggak ngedengerin dia kan.

btw, akhir-akhir ini aku pun baru menyadari tentang pentingnya hal itu. ternyata yang namanya memahami orang itu penting banget buat membangun sebuah komunikasi, interaksi ke orang lain. entah itu komunikasi dalam lingkar organisasi, temen, sahabat, rekan kerja,perkuliahan, dan lingkar yang lain lagi. sedangkan pas, aku nge-evaluasi diri aku sendiri -hmm.. gimana caranya, pokoknya nyoba merenung-merenung gitu haha- , aku punya banyak banget masalah buat komunikasi sama orang lain.

Kepribadian Tertutup

bisa dibilang aku punya kepribadian yang  rada terutup gitu, utama nya ke topik atau pembahasan yang lumayan nyentuh privasi aku -yaya lah, namanya privacy nggak mungkin ke ranah publik-. cenderung males buat komunikasi sama orang lain, kalau orangnya nggak se-frame sama aku. dan pada akhirnya hal-hal yang seperti ini  malah yang bikin aku malah terperangkap, terkurung, terpenjarakan, terjebak haha nggak efektif  merasa terugikan.

nggak enak banget ya diri sendiri malah dirugikan. dan ketika hal ini di bawa masuk ke ranah organisasi, atau ke ranah yang lain ini salah satu point yang bakal banyak negatif nya. dalam rahnah seperti ini harus banyak-banyak punya pemikira yang terbuka dengan orang lain, saling nyampein dan menerima pendapat masing-masing.

Maunya Cuma di Pahamin

siapa sih yang nggak mau di pahamin? semua orang ya suka dan pastinya berharap di pahahamin semua orang. namun sayangnya, orang itu banyak ego nya. buat ngungkapin dia mau ini, mau itu. selalu lebih ingin di mengertiin dan di utamain. bahkan lebih lagi, hal ini juga membawa aku ke sosok pribadi yang egois sama orang lain, ya  cuma aku yang butuh di pahamin. yang lain nggak mau memahamin orang lain.

dan lewat cara ini, bakal banyak banget yang nggak suka sama aku, kan. lebih tepatnya nyaman jadi patner ku mungkin.

Susah Mahamin Orang Lain

yang aku keselin tiap ngomong sama orang, jarang banget cepet nggeh sama maksud orangnya. apalagi kalau orangnya nggak gampang di pahamin, pemikirannya ngalor ngidur , mbulet-mbulet.haha. jadinya perlu mikir lama buat komunikasinya. ketika di kasih pertanyaan harus berfikir keras dulu -ya nggak keras-keras amat, cuma butuh waktu yang lumayan lama-

tapi buat masa kuliah ini, ini ga terlalu nyusahin aku. justru pas SMA. wah yang bagian ini yang bikin aku rada stress. hihi

Saling Memahami

langkah paling penting dan paling tepat dalam berkomunikasi adalah saling memahami. tanpa melakukan ini, dalam sebuah relasi, lingkaran atau hubungan bakalan ga enak, ga nyaman, garing banget dan cepet selesainya -think?-. sikap selalu terbuka, saling memahamin, saling ngasih saran, saling menerima itu lah yang selalu diharapin dalam berkomunikasi dengan orang lain.

ya begitulah..

semoga menjadi orang-orang yang bisa saling memahami dan open minded sama orang lain, seminimalnya jadi orang yang enak di ajak cerita orang -jadi pendengar yang baik- untuk yang lain-lain. masih di usahakan. buat masalah orang seframe, hmm.. ini kayak melawan arus ya, tapi ini juga berusaha buat melakukannya. nggak pengen pas udah kerja, dimasyarakat atau menjalin hubungan yang lebih sama orang lain -hiks..hiks..- malah bikin nggak enakan.

Leave a Reply

