Gambaran Alam Semesta : Teori yang baik adalah….

Posted on Updated on

azimat-untuk-menyerap-alam-semesta

“….untuk bisa berbicara mengenai hakikat alam semesta dan membahas pertanyaan seperti apakah alam semesta punya permulaan atau akhir. Kita harus tahu apa itu teori sains. Saya akan menggunakan pandangan sederhana bahwa teori hanyalah model alam semesta, atau sebaganya dan satu set aturan yang menghubungkan kuantitas-kuantitas di model ke pengamat yang kita buat.

Teori hanya ada dalam akal budi kita dan tidak punya realitas lain (apapun artinya itu). suatu teori dianggap bagus jika memenuhi dua syarat. Teori harus akurat menjabarkan sekelompok besar pengamat berdasarkan suatu model yang hanya mengandung sedikit unsur arbitrer, dan  teori itu harus membuat prediksi tertentu mengenai hasil pengamatan pada masa depan.

Contohnya, aristoteles percaya teori Emprdokses yang mengatakan bahwa segala benda terbuat dari empat unsur, tanah, udara, api, dan air. Teori itu sederhana, tapi tidak membuat prediksi tertentu. Disamping lain teori gravitasi newton didasarkan kepada model yang lebih sederhana lagi, dimana benda-benda saling tarik menarik dengan gaya yang sebanding dengan besaran yang di sebut massa dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antar benda. Teori Newton juga memprediksi gerak Matahari, Bulan dan Planet-planet dnegan akurasi yang tinggi.

Semua teori fisika bersifat sementara, dalam arti bahwa semua teori itu hanya hipotesis: tak bisa di buktikan secara benar. Tak peduli seberapa banyaknya hasil percobaan yang dilakukan sesuai dengan satu teori, kita tidak bisa memastikan bahwa kelak hasil tak akan bertentangan dengan teori. Di pihak lain suatu teori bisa disangkal dengan menemukan satu saja pengamatan yang tidak cocok dengan prediksi teori tersebut. Sebagaimana di tegaskan filsuf sains Karl Propper, ciri teori yang baik adalah kalau teori itu membuat sejumlah prediksi yang pada prinsipnya dapat disangkal dan di buktikan keliru dengan pengamatan. Tiap kali percobaan baru memberi hasil yang cocok dengan prediksi, teori terus bertahap dan keyakinan kita terhadapnya akan meningkat.

Dalam praktik, yang sering terjadi adalah bahawa teori baru digagas sebagai perpanjangan teori sebelumnya. Contohnya, pengamatan sangat akurat dari planet merkurius mengungkapkan perbedaan kecil antara gerak Merkurius dan prediksi gravitasi Newton. Teori relativitas umum Einstein memprediksi gerak yang sedikit berbeda dengan Newton. Kenyataan bahwa prediksi Einstein cocok dengan apa yang kita lihat sementara prediksi Newton tidak cocok adalah konfirmasi penting bagi teori tersebut. Namun kita masih menggunakan teori Newton untuk keperluan praktis karena perbedaan antara prediksinya dan prediksi relativitas umum sangat kecil danlam situasi yang biasa kta hadapi –teori newton juga puya kelebihan yakni lebih sederhana dari pada teori Einstein-

Tujuan akhir sains adalah menyediakan anta satu teori yang menjabarakan selurh alam semesta…”

-Dikutip dari Buku A Brief  History Of Time by Stephen Hawking



diatas merupakan salah satu kutipan dari buku a brief history nya pak hawking, karena saya lagi libur semester dan nggak ada kerjaan ya saya tulis saja.
semoga bermanfaat..
dan selamat berlibur bagi teman-teman undip 🙂

 

Advertisements

2 thoughts on “Gambaran Alam Semesta : Teori yang baik adalah….

    Anon said:
    16 January 2017 at 9:44 am

    Keren min, ane udah agak lega, karena disebut tergolong ilmu pasti, ane kira udah sangat akurat teori dan rumusnya. Jadi ceritanya fisika itu ngamatin alam ya, pendekatan pemahaman

    Like

    Diah Ayu Suci Kinasih responded:
    16 January 2017 at 10:00 am

    iya begitulah, walaupun fisika ilmu pasti tetapi masih mungkin sekali teori-teori yang kita gunakan saat ini tidak relavan lagi. namun, ada kriteria khususnya juga.
    yap, fisika kan ilmu alam hihi 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s