September, ASTROFISIKA!

Posted on Updated on

Alhamdulillah tepat postingan ini mulai di ketik pukul 23.54 WIB, hari ke 30 bulan september dimana hari G30S/PKI. dan besoknya, kurang lebih 6 menit lagi sudah menjajaki awal bulan oktober dimana 3 hari kemudian anak-anak UNDIP akan menghadapi Evaluasi Tengah Semester. Waw!!. tidak terasa sekali sebentar lagi sudah semester 4. dan  tidak disangka selama setengah semester ini saya masih banyak materi yang nggak mudeng -_-. -ibukkkk… :(-

namun, selama perjalanan setengah semester  saya begitu menikmati semua proses di dalamnya dengan bahagia, dan walau pun masih banyak materi yang belum dikuasai, beberapa proker organisasi yang belum di tuntaskan dan kerjaan-kerjaan serba nggak jelas yang masih mblangkrak tidak teratur. namun anehnya, perasaan menikmati rutinitas ini, lebih dari semester-semester sebelumnya.

atau jangan-jangan saya sudah BETAH DI FISIKA? hehe… iya, nggak ya?. hampir 80% iya kayaknya. saya (walaupun belum nggeh sama pelajarannya) tapi entah kenapa hampir merasakan soul of physics  dalam kehidupan saya. kok isok?  emang ada? nah kalau ini kayak nya saya yang ngarang, saya merasakan beberapa perbedaan pola pikir, rasa dan hal-hal yang mendasar dalam diri saya dan ini sangat berbeda dari semester 1 dan 2. dimana ketika saya masih duduk di sana, presepsi saya terhadap fisika itu sendiri sepertinya sedikit salah. serasa saya di sana tidak memposisikan diri sebagai seorang mahasiswa fisika, tidak merasakan jiwa dari fisika itu sendiri. dan ketika kuliah pun cenderung menuntut diri untuk hal yang terlalu berlebihan. tapi hasilnya malah nggak terlalu memuaskan bagi saya.

sekarang saya agak santai dan mencari hal yang ingin benar-benar membuat saya tertarik, dan ternyata cara itu lumayan efektif untuk menarik banyak hal yang lebih luas lagi tentang dunia fisika. saya jadi senang baca buku tentang fisika, video tentang kajian fisika, artikel dan sedikit melakukan eksperimen kecil-kecilan -walaupun gagal-.

ada hal lain lagi yang membuat saya senang di bulan ini, kemarin entah pas tanggal berapa itu. saya dan kawan-kawan sepakat untuk membuat grub kecil berisi beberapa orang di jurusan Fisika UNDIP untuk mendalami lebih jauh tentang Astronomi dan Astrofisika. ide tersebut datang saat percakapan ringan di grub calon RnB, nggak sengaja bertepatan saat peristiwa gerhana bulan. salah satu member bertanya “maaf ada yang tau nggak, diUNDIP ada forum pecinta astronomi?”. kemudian  saya coba cari-cari forum Astronomi di undip dan ternyata hasilnya nihil.

so, dari pada nunggu orang lain yang buat kenapa nggak kita saja yang membuat. nantinya grub tersebut juga dapat dikembangkan secara luas lagi. untuk saat ini jumlah anggota grub hanya berisi 9 orang, itu pun temen-temen fisika UNDIP yang saya tau memang pengen mendalami astrofisika.

program grub Astrofisika pun belum terlalu banyak, hanya share info-info ringan seputar Astronomi dan Astrofisika dan Insyallah di minggu ke 3 bulan oktober nanti akan diadakan diskusi bareng.-sekedar bocoran, kemarin kak hanafi sudah ngetag mbak-mbak anak OSN Astronomi buat diskusi bareng- hihi.

Tunggu saja kabar baiknya!

semarang, 1 oktober 2016. 00.28 WIB

Leave a Reply

