Diskusi Nol SKS

Posted on Updated on

15092016115409-business-brainstorming-concept_23-2147506559
www.freepik.com

Anomali cuaca yang terjadi saat ini, ternyata cukup membuat diri saya semakin risau tanpa kejelasan. pasalnya, kemarin sekitar waktu subuh sudah turun hujan,
dan lumayan deras -tapi ngga tau juga kalau hujannya turun sebelumnya, hehe… kayaknya saya baru bangun-.menghadapi hal tersebut saya, saya cuma nunggu sambil mengerjakan beberapa kuliah dan artikel yang seharusnya di akhir september nanti udah jadi, but… you know lah. artikelnya malah belum tersentuh, dan baru ngumpulin data-data aja. hiks…

Hujan, terus turun semakin deras hingga pukul 06.45 WIB, padahal saya ada kuliah pagi jam setengah delapannya. mau ngga berangkat, tetapi nanggung 3 sks tapi kalau berangkat juga kehujanan -padahal ada faktor lain, dosennya cuma ngasih tugas sih sebenernya. toh kalau masuk pun saya juga nggak ngeh sama mata kuliahnya- tetapi pada akhirnya saya tetep kuliah, sambil hujan-hujan nan.

nah pas dikampusnya, seperti saya bilang tadi. dosennya nggak masuk, kita cuma absen dan dapet tugas. dan itupun yang datang bisa dihitung jari, yang lain TA dan yang paling parah tugasnya belum di kasih sama dosen – dan apalah artinya aku berangkat kuliah pagi, sambil ujan-ujanan mending TA aja dari rumah -_–. hehe, tapi saya nggak ada pikiran semacam itu juga.

beruntungnya, karena kemarin 3 sks kosong akhirnya kita diskusi-diskusi ringan bareng kating fisika yang menurut saya , dapat dikatagorikan anak fisika yang keren dan tentunya fisika banget. topik diskusinya sangat menarik, walaupun sedikit ngawur, dan  agak meloncat-loncat bahasannya . awalnya kita mambahas hal yang sederhana, ya.. tentang fisika-fisika abstrak tapi tetap menajadi topik paling menarik. fisika partikel dan gelombang, Relativitas, Astronomi Jawa, Al-quran dan tinjauan lebih jauh tentang kehidupan science dan kondisi-kondisi lingkungan sekarang, serta masih banyak bahasan lain yang melebar kemana-mana .

namun, secara umum diskusi ini juga mendapat respon yang bagus juga dari temen-teman, setidaknya -menurut saya- dengan adanya diskusi semacam ini kita (sebagai anak fisika) bakal dapat merasakan soul dari fisika itu sendiri, memahami fisika tanpa adanya rasa tertekan karena proses matematis yang begitu mboseni, yang malah membuat seseorang ketika mengenal fisika bakal down duluan. ada juga hal lain yang saya seneng dari diskusi ini, saya juga dapat mengerti sebenarnya temen-teman fisika, didalam pikirannya juga banyak pertanyaan-pertanyaan tentang science yang mungkin pas di kelas tidak diungkapkan ke dosen.  buktinya banyak pertanyaan aneh dan nggak logis yang muncul, tetapi -karena, katingnya udah membaca pola arahan pemikiran kita orangnya tentap bisa menjelaskan secara runtut-.

oh iya, ini merupakan salah satu bahasan kita kemarin, tentang tunel effect bagaimana merubah dari keadaan partikel menajadai sebuah gelombang. menarik, tapi sedikit belum nyampek ke sana pemikirannya. hiks.

 

Leave a Reply

