Pengen Baca, Tapi Kok Malu?

Posted on Updated on

pengen baca, tapi kok malu

Anda suka membaca buku? namun, ada beberapa hal terkadang tidak mendukung? hmm… nampaknya anda hampir-hampir mirip dengan saya. Tetapi kondisi yang saya alami sekarang, memang tidak sebegitunya. pasalnya saya sedang menjalani masa-masa jadi mahasiswa. Ya begitu, karena sebagai seorang mahasiswa harus banyak punya literatur atau bahan bacaan untuk menambah pengetahuan serta menyokong bidang keilmuan yang tengah jalani saat ini.

Dengan kondisi semacam itu, seharusnya lingkungan saya mendukung untuk membudayakan kebiasaan membaca. tapi tetep aja saya merasa kurang -padahal, anak-anak MIPA terkenal rajin, seneng baca buku, jurnal dan banyak bahan bacaan lain-. tapi ini kan catatan saya, sepertinya saya saja yang merasakan hal tersebut.

sering ngerasa sungkan

Yap, saya sering merasa “sungkan” jika di kelas atau di luar ruangan sambil baca buku. Perasaan semacam itu seharusnya bagi seorang mahasiswa harus sudah nggak ada bukan? Apalagi kalau hal yang akan dilakukan justru bermanfaat untuk dirinya. Tapi nyatanya “perasaan sungkan” masih kerap kali menghantui saya, disamping sebenernya baru akhir semester 2 kemarin tertari buat baca, kayak zaman SMA dulu. Sedangkan teman-teman yang lain nampaknya sudah senang membaca buku dari awal perkuliahan di UNDIP.

Seinggat saya, selama semester satu dan dua saya membaca buku hanya saat-saat memang harus membaca buku, seperti ketika membuat jurnal praktikum Fisika Dasar. Karena, kalau tidak membaca buku dan mencari banyak literatur bisa-bisa saya nggak bisa saat pretest bahkan tidak di diperolehkan untuk mengikuti praktikum. Dan atas kebiasaan buruk sepertiitu efeknya kembali kepada saya, “sungkan” ketika memulai hal-hal yang baru. Membaca buku.

hidup di zaman kekinian

IYGDBbPsOE
menggunakan HP di kelas

Hal yang cukup membuat saya kesulitan adalah, menyesuaikan kondisi yang sedang kekinian,menggunakan posel kapan pun dan dimana pun kita berada.  Di zaman sekarang ini rasanya nggak afdol ketika masuk ruangan kelas atau sedang menunggu orang lain tanpa bermain-main dengan layar hape. Sehingga hal tersebut serasa perlu dan biasa.

Namun, bedakan ketika kita –misal- sedang menunggu angkot dan baca-baca buku fundamental of physics –wuih, anggap cerpen yang nggak terlalu tebel :v-pasti akan menjadi sumber perhatian para penumpang angkot lain. Bahkan ada pula yang bisik-bisik –nih orang sok rajin banget yak-. dan saya kalau nggak ikut-ikutan pegang hape juga serasa nggak mengikuti perkembangan zaman.

tempat baca yang asik

B77DJGhIQAEx5pL
Taman Baca FSM UNDIP

di fakultas saya ada sebuah halaman yang agak luas dan bangku-bangku melingkar, Taman Baca Fakultas. yang sepertinya, sesuai namanya memang ingin difungsikan sebagai tempat buat baca untuk anak-anak fakultas. nah sayangnya yang saya amati selama ini, jarang melihat anak-anak yang suka membaca buku di sana. paling-paling anak-anak yang sedang ngerjain tugas dan nunggu temen.

motivasi membaca

sekedar info nih “berdasarkan Data Bank Dunia, menginformasikan pula kebiasaan membaca anak-anak Indonesia berada pada level paling rendah (nilai 51,7). Nilai tersebut di bawah Filipina (52,6), Thailand (65,1), dan Singapura (74,0). Tahun 1998-2001 hasil suvei IAEEA dari 35 negara, menginformasikan kemampuan baca siswa Indonesia berada pada urutan yang terakhir.” walah mencengangkan sekali bukan? atau jangan-jangan kita menjadi bagian yang nggak suka baca tersebut? yaudah ayuk tingkatkan minat baca, dan jangan sungkan-sungkan membaca. membaca blog ini juga 🙂

dan yang yang terakhir ada kata-kata yang adem banget buat orang-orang yang suka baca. selamat membaca

TBI Wallpaper 1.png
toko-bukuindie.blogspot.com 

 

Leave a Reply

