Proxima B, Rumah Selanjutnya

Posted on Updated on

14067595_10153863544253575_4028130326826460687_n
penampakan planet Proxima B

Baru-baru ini para ilmuwan yang tergabung dalam proyek Pale Red Dot telah menemukan planet baru berpotensi layak huni yang letaknya tak jauh dari Tata Surya kita.  Tepatnya di tanggal 24 Agustus 2016 lalu para ilmuan secara resmi telah mempublikasikan penemuannya di jurnal nature.

Hasil observasi mereka mengungkapkan bahwa ada sebuah planet seukuran Bumi, dan orbitnya menunjukkan bahwa planet tersebut berada di zona yang cukup hangat sehingga air cair dapat ditemukan di permukaannya.

Planet tersebut diberi nama Proxima b yang berjarak 4,24 tahun cahaya dari planet Bumi. Planet proxima B ini mengelilingi bintang terkecil di sistem tiga bintang Alpha Centauri, yakni bintang katai merah Proxima Centauri, yang bersinar di bagian selatan rasi Centaurus.

Proxima Centauri sendiri merupakan bintang terdekat kedua dari Bumi setelah Matahari. Dengan kata lain, bintang ini adalah bintang terdekat dengan Tata Surya kita. Proxima Centauri termasuk jenis bintang katai merah, bintang kecil yang bermassa rendah.

Lalu apakah planet tersebut benar-benar dapat menjadi rumah kita selanjutnya?

proxima centauri
Proxima Centauri bintang terkecil dalam sistem bintang Alpha Centauri

 

Sepertinya pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan inti dari setiap penemuan-penemuan planet baru oleh para astronom. Ya, apakah planet tersebut layak huni dan dapat dijadikan tempat tinggal manusia setelah bumi?

Untuk saat ini, para peneliti belum mengetahui banyak tentang tentang planet tersebut untuk menilai sifat alaminya. Tapi berdasarkan informasi yang ada saat ini, planet tersebut tak benar-benar mirip Bumi. Menurut Anglada Escude, planet tersebut berada di orbit hangat, tetapi bukan berarti planet tersebut bisa layak dihuni. Masih banyak pertimbangan lain sebelum meninjau hal tersebut.

Misalnya saja, dari sisi usia, bintang Proxima Centauri tak mirip Matahari. Massanya sekitar 12 persen massa Matahari, dengan medan magnet 600 kali lebih kuat, dan memancarkan sebagian besar cahaya dalam panjang gelombang inframerah yang relatif dingin.

Proxima b juga memancarkan sinar X seperti matahari, artinya, planet di zona yang memungkinkan adanya air cair juga berada di zona percikan partikel yang berpotensi merusak. Belum lagi lidah api Proxima Centauri cukup besar jika dibandingkan bintang katai merah lainnya. Bintang itu memang menjadi agak dingin di usia tua, tetapi tetap dapat menyemburkan sejumlah besar radiasi Ultraviolet ke sekelilingnya, sehingga berpotensi mengancam kehidupan di permukaan planet yang berada di dekatnya.

seumpama , iya. Lalu Sekarang, bagaimana cara kita untuk kesana?

xcor_space_630px
Pesawat Ulang Alik, tansportasi kita

Pergi dan melihat langsung dunia yang kemungkinan bisa menjadi Bumi masa depan memang menarik. Namun, menurut bapak Ma’rufin Sudibyo hal itu sulit dilakukan sekarang. Karena Dengan sistem transportasi antariksa yang ada saat ini, yakni roket konvensional, butuh sekurangnya 165.000 tahun untuk terbang dari Bumi hingga ke planet Proxima b. Atau jika kita menggunakan pesawat dengan kecepatan setara dengan misi Apollo 10 (sekitar 11,08 kilometer per detik), maka waktu yang dibutuhkan masih lebih dari 20.000 tahun.

Wah, lama sekali ya. Bahkan bisa-bisa baru keturunan kita yang sekian puluhnya bisa sampai kesana. Sementara itu, menurut saya pribadi sih sebagai manusia kita memfokuskan dirikita untuk tinggal dibumi, masih banyak kesalahan yang kita buat untuk Bumi ini. seperti peruskan lingkungan, pembakaran lahan, pencemaran udara, limbah dan masih banyak tindakan manusia yang semakin merusak masa depan bumi.

sebagus dan seindah tempat kita yang baru (atau lebih tepatnya calon tempat tinggal kita nanti) pastinya lebih enak dan nyaman tinggal di rumah kita sendiri. ya nggak? lebih enak tinggal di rumah yang sederhana bersama keluarga, dari pada tinggal di kostan dengan seambrek fasilitas. anak kostan

Sumber
National Gheographic
Astronomi.id
Eso.org

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s