Schrodinger’s Cat di Masjid Al-Kautsar

Posted on Updated on

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Schrödinger cat masjid Al-Kautsar ada baiknya kita kenalan dulu sama yang namanya Schrödinger cats.

ilustrasi-schrodinger-cat.gif
ilustrasi percobaan Schrodinger cat

Schrödinger cat  adalah eksperimen pikiran, kadang digambarkan sebagai sebuah paradoks, yang dibuat oleh pak Erwin Schrödinger. eksperimen tersebut dilakukan dengan seekor kucing yang dimasukkan kedalam sebuah kotak berisi bahan radioaktif , sebuah alat pendeteksi radioaktif Geiger, sebuah tuas yang terhubung dengan alat Geiger palu yang terhubung dengan tuas dan sebuah botol kimia berbahaya.

bisa dibayangkan bagai mana keadaan kucing tersebut? hmm.. dipikiran kita mungkin terselenting pemikiran bahwa kucing tersebut mati bukan. tetapi tunggu dulu. Peluruhan radioaktif itu diatur oleh hukum fisika kuantum yang hanya berisi probabilitas antara meluruh dan tidak meluruh atau disebut dengan kondisi ”superposisi”. Dengan demikian , si kucing itu pun dalam kondisi superposisi, yakni mengalami keadaan hidup dan mati dalam waktu bersamaan. untuk lebih jelasnya bisa melihat video ini

Jadi apa kaitan lah tersebut dengan masjid Al-Kautsar? Apakah percobaan tersebut dilakukan anak-anak Fisika di dalam masjid Al-kautsar?. Atau di masjid al kautsar ada kucing dengan keadaan antara hidup dan atau mati?. hihi.

Hari minggu kemmarin pengurus Kasifa (Kelompok Studi Islam Fisika) 2016 bekerjasama dengan HMF mengadakan acara Halal Bihalal Keluarga Besar Fisika UNDIP, acaranya rame bangett oleh maba.  Pas acara berlangsung, ada sesuatu yang menarik perhatian saya dan teman-teman Fisika. Di atas tembok serambi masjid ada seekor kucing gede  yang sedang tidur dengan pulasnya mendengarkan ceramah dari Dosen Fisika.

Kucingnya, sangat manis dan mengingatkan saya akan si kucingnya pak scodinger tersebut. Saya yang orangnya –kadang- mudah terpancing dengan sesuatu hal yang menarik, kemudian bercerita lepas dengan teman Jurusan yang kelihatannya antusias juga mendengar cerita tentang kucing scodinger tersebut. Yang entah betul, entah nggaknya saya cerita tentang Scodinger Cat’s.

Alhasil seuasana dibelakang tambah sedikit gaduh –Cuma saya dan teman saya saja sih. Hihi.- hingga dapat teguran halus dari pembicara, nah untuk hal ini mohon jangan di contoh ya diskusi boleh saja asal tahu tempat dan situasinya.

si Schrodinger masjid Al-Kautsar ini memang sudah beberapa hari sering terlihat di masjid Al-Kautsar. jadi wajar saja kalau dia bobok dimasjid. nah ini nih si kucing yang saya ceritakan tadi.

20160821_095513
schrodinger sedang tidur. gimana mirip kan dengan kucing yang di buat percobaan oleh ak Schrodinger?

 

20160821_095538
tampilan closeup kucing schrodinger masjid Al-Kautsar. lucu dan mengemaskan ketika tidur
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s