Pelatihan AutoCad dan Google Sketchup Cosmos Fisika UNDIP 2016

Posted on Updated on

kali ini  Cosmos fisika UNDIP mengadakan pelatihan google sketchup dan Autocad. Kedua program tersebut merupakan salah satu contoh program yang digunakan untuk membuat pemodelan, atau mendesign alat dua dimensi maupun tiga dimensi.

13920949_289348438087355_2816177834181970787_n
Pamflet Pelatihan Google Sketchup dan Autocad Cosmos

Program-program tersebut, wajarnya di gunakan Mahasiswa Teknik Arsitektur untuk merancang dan menggambar bangun selain pekerjaan mereka yang ngegambar manual –pakai tangan.  ngomong-ngomong pematerinya juga dari jurusan Arsitektur lohh-. Tetapi anak-anak dari jurusan Fisika seperti saya ini juga butuh belajar menggunakan program ini. Bagi Mahasiswa Fisika Program Autocad dan Sketchup dapat digunakan untuk membuat rancang bangun dan design prototype PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), penelitian, Skripsi atau mungkin mau nge-gambar bangun-bangun ruang yang presisi.

Menurut saya pribadi, pelatihan ini merupakan suatu hal yang baru bagi saya. Yap, saya selama ini jarang ngutik-ngutik  program dan aplikasi yang berbau design-design(an). Seingat saya, terakhir mencoba aplikasi CorelDraw –Bagi sebagian orang aplikasi ini mudah banget dan simpel- saya sudah kebingungan di tengah jalan. Padahal itu juga baru membuat hal yang simpel-simpel.

Hal yang membuat saya paling tertarik adalah pemakaian program AutoCad, kenapa? Dalam program ini perancangan gambarnya dapat sangat presisi sekali.bayangkan, ketika saya suatu saat nanti menjadi seorang guru fisika betapa mudahnya dan kerennya saya saat mampu membuat model-model bangun ruang, bangun datar –dengan PhotoShop sebenarnya bisa. Salah fokus- dengan aplikasi yang bagus semacam itu.Namun sangat disayangkan si Lepi (Laptop) malah ngambek dan nggak bisa di gunakan untuk menginstal aplikasinya.

Berikut berberapa dokumentasi dalam kegiatan “Pelatihan AutoCard dan Sketchup Biro Riset Cosmos Jurusan Fisika UNDIP.

14021556_291374931218039_8377539598893768028_n
Temen-temen cosmos beserta para pembimbing, tau aku yang mana kan? kerudung biru dibelakang. btw, itu pakai jinjit-jinjit segala karena ketutup sama yang depan -_-
14088682_291374821218050_1217772621493970628_n
saat proses pemberian materi google sketchup. awalnya tampilan layar lepi saya nggak bisa normal seperti punya temen-temen. hingga saya rada nggak fokus ngedengerin. tapi nggak perlu khawatir, ternya tampilannya bisa diatur dan diubah-ubah. hihi

 

L0105+-+Microscope,+Binocular,+Phase+Contrast
Design menggunakanSketchup buatan saya. ceritanya mau gambar rumah lah dalah rumahnya ambur adul.  yang gambar mikroskop template awal dari pembimbingnya.

 

Audi-A8L-6-Quattro-Dimensions
contoh design menggunakan Sketchup bagi yang sudah mahir. kalau saya kapan ya bisa membuat model yang sepertiini? hmm… ngga usah ditanya!

menarik bukan? ya iya lah menarik banget pasti.
catatan buat diri saya sendiri kalau ada pelatihan design atau aplikasi-aplikasi mending bawa mouse dari rumah. jika hanya mengandalkan touchpad di laptop, bisa-bisa ketingalan sama yang lain (speednya kurang). dengan menggunakan mouse kita juga lebih mudah melakukan pengaturan seperti zoom out, zoom in , nge-blok dan select gambar pokoknya kalau pakai mouse tangan kita bisa lebih aktif.

2 thoughts on “Pelatihan AutoCad dan Google Sketchup Cosmos Fisika UNDIP 2016

    Anggistina Wulansari said:
    28 August 2016 at 6:33 pm

    pengen bisa ikut belajar Sketchup sama autocad suci,,hehehe

    Like

      Diah Ayu Suci Kinasih responded:
      28 August 2016 at 8:45 pm

      hihi… sayang banget padahal acaranya seru 🙂
      tahun depan lah ikut, atau kalau mau minta softwarenya aku ada

      Like

Leave a Reply

