Pertama Kali Upacara di Kampus

Posted on

“tujuh belas agustus tahun empat lima
itulah hari kemerdekaan kita
hari merdeka nusa dan bangsa
hari lahirnya bangsa indonesia merdeka”

yey… selamat hari proklamasi kemerdekaan republik indonesia yang ke 71 ini.
dan kali ini merupakan pertama kalinya saya merasakan suasana perayaan kemerdekaan di negeri tetangga, provinsi tetangga maksudnya.

banyak hal yang berbeda disini, tapi secara umum sih hampir sama perayaannya ketika di rumah. tapi yang ini berlaku buat penduduk kampung di Β warga Tembalang dan sekitarnya. merayakan peristiwa kemerdekaan dengan kegiatan perlombaan dan hiburan. seperti yang dilakukan di daerah Muteran , Pudak Payung-Banyumanik. sebenarnya acara yang diagendakan disini banyak sekali tetapi saya hanya ikut satu acara saja. jalan sehat dan menonton orkes dangdut -saya sih nggak terlalu suka dengan yang namanya orkes dangdut namun, sepertinya bapak-bapak dan ibu-ibu sangat menikmati acaranya. bahkan sepertinya yang ditunggu dan dinanti oleh warga kampung malah orkes dan pembagian hadiah kupon. hmm-

beda lagi tempat, lain lagi ceritanya. kalau yang tadi di kampung rame-rame kegiatan agustus-an di kampus pun juga sama. walaupun nggak semeriah di kampung. tanggal 16 agustus kemarin dari pihak BEM UNDIP melalui media sosial nya sudah koar-koar bahwa besok akan diadakan upacara Peringatan 17 Agustus yang bertempat di Widya Puraya (WP) UNDIP. Β namun, saya (sedikit jujur) nggak terlalu tertarik dengan kegiatannya -semangat nasionalismenya kemana. duh..duh..- . saya sms temen pun mendapati hal yang sama, yap sama-sama nggak mau diajak upacara. dan memang hari ini pun gara-gara liburt dimanfaatkan untuk membahas proker dan agenda organisasi yang buanyak pakek banget. sampai ribut mengatur jadwalnya yang sudah padet.

biarpun begitu saya masih menyempatkan untuk mengikuti upacara kemerdekaan yang diadakan oleh BEM FSM. walaupun sedikit ndadak dan tidak terencana saya ikut dengan senang, oh iya namun yang di FSM ini kegiatan upacaranya hanya untuk Organisasi Mahasiswa yang ada di FSM dan Departmen Jurusan saja jadi nggak banyak yang ikut. kemudian disusul dengan lomba antar Organisasi Mahasiswa di siang harinya.

yang jelas, walaupun berbeda cara perayaannya kita tetap harus memperingati dan mengenang hari paling bersejarah bagi bangsa Indonesia ini. berbeda-beda cari kita menyikapinya yang penting kita tetap satu Indonesia.

Dirgahayu Republik Indonesia ke-71
Jayalah Negeriku!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s