TEORI RELATIVITAS DAN KOSMOLOGI

Posted on Updated on

2
buku teori relativitas dan kosmologi

Rencananya selama liburan ini saya mau belajar tentang ilmu Astronomi. Alasannya sih agak dekat kan antara ilmu Fisika-Astronomi nanti jadinya Astrofisika. Walaupun memang saya emang dari dulu udah senang dan tertarik untuk mengulik lebih dalam lagi tenteng ilmu astronomi.

Akhirnya saya nyari-nyari buku, yang sudah sekian lama saya download dan nggak saya buka-buka. Ketemulah buku “Teori Relativitas dan Kosmologi karya Dr. Eng Rinto Anugraha NQZ, terbitan tahun 2011”. Dari namanya sudah terlihat jelas bukan kalau isinya astronomi banget –hihi.. dan tentunya fisika modern banget-.

Dari awal saya baca-baca buku ini sih –jujur-agak membosankan karena ini fisika nya kebangetan, saya hampir nggak mudeng apa-apa. Ditambah dengan penjabaran secara fisis, yang tentunya didukung dengan rumus-rumus fisika yang buanyak banget dan saya belum kenalan sama mereka. sehingga dengan terpaksa banyak penurunan rumus yang saya skip biar saya nggak tambah mumet bacanya.

But, buku ini banyak membawa ilmu baru b uat saya. Sekalian ini persiapan kenalan sama fisika modern, kan semester tiga ini ada mata kuliah wajib fisika moderen yang n antinya nggak akan jauh-jauh isinya dari buku tersebut. Banyak istilah Astronomi yang sering dibicarakan di grub AI (Astronomi Indonesia) yang saya Cuma tau selentingan  namanya. Seperti, Teori Relativitas Umum-nya bapak Einstein yang menyajikan gagasan adanya gelombang gravitasi (gravitational waves) yang muncul akibat terjadinya pergerakan materi massif di dalam ruang-waktu. Cukup banyak orang yang mencoba mengamati adanya gelombang gravitasi di jagad raya ini. dan akhirnya tahun 2015 kemarin memng benar terdeteksi adanya  gravitational wave ini. itu contoh kecilnya. Banyak sekali ulasan dari buku ini pemahaman tentang fisika moderen dan banyak sekali kaitan nya dalam hal kosologi, astronomi sendiri.

Hal yang membuat say senang lagi, tenyata di buku ini pun menjawab pertanyaan yang sekian lama saya nggak mudeng, tapi sering di bicarakan di grub AI –saat ini mungkin saya juga nggak terlalu mudeng. Yakni tentang ” Schwarzschild.”. nah si Schwarzschild.sering banget di bicain  di grub, tapi sebagai selder yang baik, akhirnya saya terjebak dalam kepenasaran yang tidak pernah terjawab –ya, karena nggak tanya yang lebih paham aja-. so, lewat bukuini sedikit terjawab lah walaupun saya masih butuh pencahayaan yang lebih terang lagi. hihi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s