Rempeyek, Bumbu Masakan Instan

Posted on Updated on

Di zaman modern ini segala pekerjaan manusia serasa dipermudah dengan penemuan dan inovasi yang membantu segala pekerjaan manusia. Mulai dari pekerjaan manusia dalam skala besar seperti kegiatan produksi barang di pabrik atau hanya pekerjaan seorang ibu-ibu rumahtangga untuk meyiapkan makanan untuk keluargannya. Walaupun saya saat ini belum menjadi  seorang ibu rumah tangga, tetapi toh saya juga akan mengemban amanah tersebut. 

            Kata emak saya bagi seorang perempuan  hal paling dasar dan pokok yang harus di kuasa adalah dalam bidang masak-memasak. Nah tetapi mak-mak wong anak wedok mu ini kan hanya seorang mahaiswa biasa, mahasiswa fisika. kuliah juga jauh-jauh dari yang namanya dapur disuruh masak, nanti malah jadi objek penelitian dan perhitungan mak e.  Hmm… kalau saya bilang kayak gitupun nggak akan ngefek ke mak saya. Prinsip mak saya pun juga nggak akan bisa diubah perempuan akan jadi perempuan kalau udah pinter masak. Hiks.

            Liburan semester ini kemampuan saya dalam hal masak-memasak serasa diuji setiap harinya, bak seorang ibu rumah tangga –saya nggak terlalu suka istilah ini, saya belum menikah. Jadi anak rumah tangga kali ya biar agak terselamatkan sedikit-. Saya sebagai seorang anak rumah tangga mengurus pekerjaan rumah, nyuci baju, nyapu walaupun jarang, dan memasak. pada suatu sore, saya pun kebagian jatah masak buat keluarga. Seperti biasa menu masakan favorit saya adalah jangan Bening, bayem di masak pakek bawang putih, bawang merah garam dan daun kemangi. Serta tempe goreng.

Nah buat si tempe goreng ini saya tidak menggunakan resep masakan yang biasa saya gunakan yaitu memakai tepung teriru, ketumbah, bawang putih dan garam. Untuk yang resep itu, sudah merupakan resep sehari-hari yang embah, emak dan saya gunakan. Namun untuk kaliini, saya menemukan sekeresek bumbu rahasia untuk membuat tempe goreng. Taraaa…. “Rempeyek Bumbu masakan”. Bumbu komplit yang sudah siap di guankan untuk menggoreng tempe. Awalnya saya nggak yakin ini bisa buat ngegoreng tempe karena dari judulnya aja, ini bumbu kan buat goreng rempeyek bukan tempe. Karena sudah muter-muter cari tepeng terigu nggak dapet-dapet ya saya pakek bumbu itu. dan rasanya…. Siipp banget. Ya sebelas dua belas sama bumbu racikan  saya meski rasanya kurang asin dikit. Tetep aja ini enak dan praktisdan membantu saya.

Andai ajaa inovasi bumbu-bumbu masakan kayak gini semakin luas lagi, perempuan-perempuan seperti saya yang  jarang di dapur bisa jadi jagoan memasak. So, di rumah mertua nanti juga nggak bakal merasa minder sama mbak-mbak yang jago masa. Hehe..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s