Targetan Bulan Ramadhan

Posted on Updated on

Sekarang sudah H-4 hari lebaran. Begitu cepatnya kita akan meninggalkan bulan penuh berkah ini. terutama buat anak kostan bulan ini memang bulan yang amat penuh berkah, banyak takjil dan buka puasa gratis di masjid-masjid deket kampus. Buat ngehemat jatah bulanan, sekalian belajar agama lewat pengajian rutin. Hehe… tapi tujuan awalnya tentunya buat :v –buat yang baik-baik lah-.

Seperti biasa, puasa kaliini pun masih punya targetan yang belum berkembang kemana-mana. Tapi tetep aja walaupun nggak berkembang-berkembang ini juga udah agak keteteran –karena belum istiqomah juga kali-. Proyeknya sederhana “ Ngekhatamin Al-Quran selama bulan ramadhan”. Sederhanakan proyeknya. Proyekan yang saya jalani mulai SMA. Tapi pas SMA mah enak, masih ada temen dan ustadzh yang senantiasa ngedata dan ngingetin buat ngejar targetannya. Dan dengan sedikit sentilan “kalau nggak khatam, nggak boleh pulang !” dan ini efektif buat memacu anak-anak semacam saya buat lebih semangat nyelesaiin targetannya.

Sama halnya di SMA, di kampus p[un banyak yang ngingetin saya buat ngejar targetan. Walaupun targetannya bukan hal tersebut,. Ngisi lembat Mubtadaah Yaumiyah, isinya list-list data keseharian yang kita jalani mulai dari sholat wajib sunah, tilawah , hafalan , kajian rutin, agenda kehidupanj kelak yang akan kita jalani . ciye. Ngawur. Ya seputar kegiatan kita sehari-hari. Tetapi karena keburu dari minggu awal saya nggak pernah ngisi –afwan yak temen-temen karena waktu pengisiannya bertepatan bareng UAS, akhirnya saya nggak ngisi lembar tersebut. Hehe… nggak sense banget alasannya.

Lalu untuk keberjalanan targetan saya “ngekhatamin Al –Quran” alhamdulillah… belum Done. Masih harus nyari banyak sentilan buat nyemangati ngekhatamin lagi. Padahal kalau ngekhatamin buku, terutama novel dengan tebal 500-an halaman palimh 2-3 hari selesai. Ini untuk Al-Quran yang emang di sunahon banget buat di baca (Tebelnya 600-an halaman) sudah hampir sebulan pun belum mampu di selesaikan. Hmm… entahlah apa yang akan lakukan selama liburan ini.

Seumpama di hitung-hitung, kalau kita membaca Al-Quran sehabis sholat 5 sholat fardu seperempat juz di tambah kalau habis sholat dhuha/tahajud seperempat. Sehari saja sudah bisa nyelesaiin tida setengah juz. Tiga setengah juz itu sehari, kemungkinan dalam waktu 2 minggu saja sudah bisa khatam. Wah cepet juga buakn , apalagi kalau liburan yang saya akui banyak hari-hari yang kurang produktif (gabut, dan ini di selingi membaca dan menulis). Nah pasti banyak waktu luangbuat bacanya. Targetan segitu juga, cepet. Hehe… tapi sekali lagi realitannya itu loh, semacam ini.

Semoga targetannya cepet selesai. cepet lega cepet bisa pulang – saya udah pulang tapi- apalagi ditanya “sudah khatam berapa juz selama ramadhan?” –baper kan kalau ditanya kek gitu, apa lagi yang tanya ikhwan (cowok). Maksudnya sama pak dosen yang kemarin ngisi kajian di masjid fakultas, bapaknya sudah punya istri -_-. Haha… hiks

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s