PEMUDA DAN HAWA KAMPUS: Peran Fungsi Mahasiswa yang Terlupakan

Posted on Updated on

1860687_20130723063117

Beberapa bulan yang lalu kita di suguhkan dengan pemberitaan besar-besaran suatu pada setiap kampus di indonesia, termasuk di kampus UNDIP ini. mereka kedatangan tamu baru, apalagi kalau bukan tamu tahunan dari mahasiswa baru (Maba). dan seperti yang sudah kita tahu setiap ada mahasiswa baru maka akna ada suatu hajat besar bagi para petinggi lembaga di jurusan, terutama BEM di tingkat fakultas dan universitas yakni  Pesta kaderisasi. Kaderisasi yang  sebuah proses pendidikan jangka panjang untuk mengoptimalkan potensi-potensi yang ada dalam diri kader agar memiliki karakter yang kuat.

masalah kederisasi dikampus akan senantiasa  menimbulkan gejolak namun, seiring waktu maka isu pun seperti menghilang. lalu muncul kembali ketika ada maba datang begitulah seterusnya tiap tahun. sebuah organisasi mahasiswa yang dapat membuat kebijakan terkait hal ini. namun saya selalu memperhatikan perkembangan kaderisasi dikampus yang kerap jadi hal menarik untuk di perbincangkan.

Pada dasarnya proses kaderisasi ini adalah pengenalan Peran Fungsi mahasiswa (PFM) kepada mahasiswa baru, dimana mereka akan diharapkan menjadi  agent of change, moral force, iron stock, and social control. Faktanya, setelah selesai masa kaderisasi di tingat pertama ini (baik dari Fakultas maupun jurusan) ada banyak sekali mahasiswa yang lupa akan peran dan fungsinya. mahasiswa cederung hanya terfokus kepada Belajar, tanpa memperdulikan orang-orang di sekitarnya. Terutama seperti di fakultas sains dan matematika yang tersohor bahwa orang-orangnya lebih condong ke study oriented.  Beberapa dari mahasiswa hanya berfikir, dengan mereka belajar dengan serius maka mereka sudah cukup melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan. Atau disebabkan Kebijakan pemerintah yang mempercepat masa kuliah menjadi maksimal lima tahun juga turut memengaruhi mahasiswa untuk hanya sekadar berorientasi pada kesuksesan Mendapat IP yang tinggi, cepat lulus atau bahkan menginginkan cepat mendapatkan pekerjaan.

Padahal banyak hal yang bisa dilakukan selama kuliah selain hanya belajar. Pak Anies Baswedan pernah mengibaratkan bahwa dunia kerja adalah lautan yang luas, sementara dunia perkuliahan adalah kolam-kolam kecil. Untuk belajar berenang mengarungi laut yang luas, kata beliau, kita harus memanfaatkan kolam-kolam kecil yang ada untuk berlatih mengembangkan bakat berenang dan menjadi bekal sebelum terjun ke lautan luas.

Mahasiswa-mahasiswa semacam ini sering lupa, jika mereka juga dibantu banyak orang, walaupun orang-orang ini tidak kenal mereka, yang memiliki harapan besar kepada mereka agar mereka bisa mengubah nasib dan kondisi bangsa dan negeri ini. lalu Siapa mereka itu? Rakyat atau ummat. Harusnya, kita sebagai mahasiwa juga memikirkan nasib rakyat atau ummat. Itulah sebabya aktivis-aktivis kampus sering berteriak “hidup rakyat indonesia” menyempurnakan semangat kita untuk melakukan peran dan fungsi kita sebagai mahasiswa. Untuk berkontribusi pada almamater, masyarakat dan bangsa.

Sebagai bagian dari mahasiswa UNDIP sendiri pasti tahu bawasannya kampus kita adalah salah satu kampus yang mendapatkan kebanggan menggunakan nama dari pahlawan nasional. yakni, Pangeran Diponegoro, yang  diharapkan mahasiswa UNDIP ini pula seperti Beliau, Universitas Diponegoro ini menjadi tempat berkembang tenaga-tenaga kemanusiaan dan ilmu pengetahuan bercerminkan semangat kesatriya dan kepahlawanan berkepribadian nasional. sehingga sebagai mahasiswa UNDIP.

Kembali lagi ke Peran fungsi mahasiswa disana intinya kan kita sebagai mahasiswa, punggawa-punggawa bangsa yang akan menjadi agen perubahan bangsa, sebagai pemilik dan pendukung moral yang baik, sebagai generasi penerus untuk menjadi pemimpin, dan memiliki kepekaan sosial yang baik untuk memberikan saran, kritik dan solusi terhadap apapun yang terjadi di masyarakat.

Lalu apa saja yang dapat kita lakukan? Berbicara tentang masalah kontribusi kita sebagai seoarang mahsiswa, ada masalah yang harus kita perbaiki terlebih dahulu, permasalahan yang harus kita bangun dan kita bentuk terlebih dahulu, yakni moral. Berbicara mengenai moral , pasti seluruh 6arahan  tinjauannya adalah agama kita. Karena agama lah yang menjadi hal paling mendasar. Intinya sebagai seorang mahasiswa harus membentengi dan menjaga keimanan , otomatis moral kita akan baik. Artinya, dengan hal ini setidaknya kita telah menerapkan salah satu dari peran fungsi mahasiswa, yakni sebagai , moral force.

Lalu Kenapa harus moral? Ya karena mau tidak mau pada akhirnya kita akan di tuntut untuk menjadi seorang pemimpin, baik itu pemimpin Indonesia, universitas, fakultas bahkan pemimpin kelompok belajar sekalipun. tidak mungkin ketika kita memimpin indonesia kelak menjadi pemimpin yang buruk juga. Ditambah lagi kita juga diharapkan menjadi agent of change. Tentunya kita ingin melakukan perubahan menjadi lebih baik dari sebelumnya, bukan malah merubah menjadi kemunduran-kemunduran dalam mayarakat. Sekarang coba kita bayangkan sejenak ketika orang-orang naik kendaraan umum, saat pergi kekampus sambil membaca atau mengulan hafalan al-quran. Ketika adzan subuh berkumandang, kita bingung mencari tempat di masjid karena sudah penuh. ketika bertemu dengan saudara, kawan, atau dosen kemudian kita saling melempar senyum, mengucap salam dan berjabat tangan. Pasti menyenangkan ketika kita bisa mewujudkan hal-hal yang demikian.

Semua mungkin jika kita mau berjuang. Kemungkinan dari Allah mengalahkan semua kemustahilan yang ada. Cara konkretnya: Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal yang kecil, Mulai saat ini. Nah, saatnya menjadi mahasiswa-mahasiswa yang bersahaja. Menerapkan peran fungsi mahasiswa mulai dari diri kita sendiri. Semoga kita dapat berkontribusi untuk almamater, masyarakat, dan bangsa sebagai seorang mahasiswa dengan jiwa baru.

Advertisements

One thought on “PEMUDA DAN HAWA KAMPUS: Peran Fungsi Mahasiswa yang Terlupakan

    Nakata VII said:
    30 April 2016 at 12:39 am

    ciyyee… blognya 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s