Kelompok Mentoring

Posted on Updated on

Mulai semester 2 ini,  mulai akrab dengan kegiatan Mentoring . walaupun sebenarnya saat semester 1 juga sudah ada kelompok mentoringhnya sendiri, tapi karena mbak pementornya juga kurang  niat untuk mengajak mentoring akhirnya kelompok mentoring semester 1 itu sudah hilang di tengah jalan, walaupun sudah sempait pertemuan yang terhitung dua kali. kini dengan beberapa teman di grub Liqo’ yang baru. Ada 6 teman di dalam grub mentoring ini Mila (statistik), Fatkhia (fisika), Ria (fisika), Dwi (fisika) dan Maria (fisika) dengan seorang pengajar (murobbi) mbak Alfi (matematika 2012).

Melalui grub liqo ini sepertinya merupakan sarana yang cukup efektif untuk meningkatkan keimanan kepada Allah, kegiatan didalamnya juga positif-positif . seperti hafalan surat-surat pendek, ngaji Al-quran dan beberapa materi yang disampaikan oleh   pementor.

Walaupun masih banyak isu yang berkembang dari sistem mentoring ini, tapi sepertinya sudah mulai kandas di terpa angin. Tapi tidak juga semuanya sih. Jujur saya juga masih sedikit bimbang ketika mengikuti kegiatan ini, pasalnya terkadang ada beberapa materi yang mungkin kurang sinkron dengan aliran yang saya anut. Soalnya saya juga islam (Nahdatul Ulama atau yang biasa disebut dengan NU) sedangkan yang saya ketahui sampai sekarang mereka mengambil aliran Tarbiyah (i dont know about them).

NU ataupun Tarbiyah, pastilah akan ada hal yang berbeda di antaranya. Walaupun belum terlalu mengelegar perkara konfik diantaranya. Bahkan tidak lebih hebat daripada  hubungan NU dan Muhamaddiyah yang begitu kentara. Namun, kalau ingin tetap menuntut dan mencari ilmu menurut saya tidak terlalu masalah kalau kita ikut belajar dengan aliran lain. Asal kita juga masih punya Batasan dan mampu memfilter hal-hal yang bertentangan dengan mahzab atau akidah kita.

Kemarin saya juga sempat membaca beberapa pucuk tulisan di Notes Facebook seorang kakak tingkat saya. Isinya kurang lebih seperti ini “ pada dasarnya saya adalah seorang NU dalam hal beribadah, Muhammadiyah yang bagus dala segi kependidikan dan Tarbiyah dalam segi pembinaan umat”. Ya sepertinya hal ini juga benar, karena ketika saya menyadari dan melihat ralita yang ada memang benar hal tersebut.

NU yang bagus dalam masalah aqidah, karena aliran yang lain juga sepertinya kurang (ini menurut saya karena saya hidup dilingkungan NU). Sedangkan Muhammadiyah yang bagus dalam segi kependidikan. Lihat saja sekolah yang berbasis Muhammadiyah, mayoritas sekolah tersebut Maju.contoh Universitas Muhammmadiyah M alang (UMM) atau Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang tak kalah dengan universitas negeri.  dan kata teman saya setiap orang yang punya  kartu muhammadiyah pun akan di beri potongan harga untuk biaya pendidika. Dan yang ketiga tarbiyah yang terkenal dengan sistem pembinan umat yang bagus. Ya salah satunya juga melalui program Mentoring ini.

Sempat pementor juga pernah cerita, dulu dalam melakukan kegiatan mentoring tidak seleluasa seperti saat ini. mentoring dilakukan secara sembunyi-sembunya. Keluar bergerombol dan bareng-bareng pun tidak di perbolehkan. Why? Ya kalau saya pikir sih karena mungkin dianggap sebangai aliran baru yang kiranya….. ya kalian tau lah seperti apa. Tapi ya sudah mau saya tanya yang macam-macam takutnya nanti saya juga di nilai gimana sama teman-teman Liqo. Karena mayoritasanak-anak yang ikut mentoring ini anak-anak wisma.

Ya Robb… selalu jaga dan lindungi hamba mu ini..

Leave a Reply

