Student Exchange

Posted on

Kajian Rutin Maskam UNDIP

Wisata Ilmu

Rabu, 16 Maret 2016

Student Exchange

Inti dari segala perjuangan hidup adalah “Man Jadda Wa Jada”. Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil. Sebagai seorang yang mempunyai cita-cita yang tinggi, kita harus bersungguh-sungguh dalam meraih apa yang kita inginkan. Ketika kita mendapati kegagalan dari apa yang kita lakukan. Jangan Lelah dan jangan malas untuk mencobanya kembali.

Pertimbangan saat memilih Kuliah di luar negeri

  1. Universitas yang kita tuju
  2. Lembaga penyedia beasiswa

Kedua hal ini saling berkaitan satu sama lain. Bisa jadi kita mendapatkan beasiswa di Universitasnya saja atau mungkin kita hanya berhasil mendapatkan beasiswa dari penyedia Beasiswa saja. Yang jika kita tidak mendapatkan keduanya juga akan terlampau berat, karena mahalnya studi dan biaya hidup di luar negeri.

Dan hal yang paling pokok dari kedua pilihan tersebut adalah  setidaknya kita sudah mendapatkan beasiswa di universitas yang kita tuju. Kenapa? Karena kita sudah punya pegangan, dimana Donatur pasti akan lebih siap memeberikan bantuan dana atau beasiswa kepada kita  nantinya. Jika sudah di setujui maka kita akan mendapat Offer dari penyedia beasiswa. Biasanya offernya dapat berupa Conditional offer  (pilihan lain, yang meliputi apakah kita mau dialihkan oleh beasiswanya, bagaimana pengelolaan dana dan lain-lain) kemudian ada yang namanya Unconditional Offer (penerimaan tanpa syarat, tetapi kita harus menbayar beban biaya pendidikannya dan atau biaya hidup)

Hal lain yang perlu di perhatikan adalah pertama jika kita memilih negara yang menggunakan bahasa inggris. Seperti Negara Inggris, Amerika, Eropa dan kawasan Australia. Karena penggunaan bahasa inggris sangatlah penting pada Negara-negara tersebut. Jika kamu ingin mendapat beasiswa, maka yang harus kamu siapkan adalah Skor TOEFL yang lumayan besar. Rata-rata pada negara ini menggunakan standar TOEFL Internasional dengan International TOEFL berbasis IBT. Yang didalammnya kita sudah menguasai Writing, Speaking, Listening dan Reading dengan skor minimal 580-600.unuk biaya TOFL tersebut kurang lebih sekitar 2,5 sampai 3 juta rupiah.

Selain nilai TOEFL yang besar, yang di perhitungkan disini adalah nilai IP (Indeks Prestasi) selama kita kuliah. Nah, biasanya nilai IP yang menjadi persyaratan untuk pengajuan beasiswa adalah lebih dari 3. Tapi untuk zaman sekarang sudah mudah kan mendapat nilai lebih dari 3. Bahakan kalau sekarang di lihat malah kalau nggak mendapat nilai 3 berarti mahasiswa tersebut perlu di pertangakan. Hehe… Bercanda.

Kedua adalah Sekolah. Nah biasanya banyak program studi yang ditawarkan oleh pihak universitas atau penyedia Beasiswa nantinya. Program studinya juga akan beragam mulai dari S1 ke S2, S1 ke S3 atau S2 ke S3. Selain dari jangka waktu ynag berbea-beda adajuga model pembelajaran yang akan kita lakukan di kelas nanti, yakni ada studi yang berjalan seperti layaknya Kuliah biasa. Sedangkan beberapa studi akan melakukan Full Research di dalamnya. Jadi kita juga harus menyesuaikan program yang seperti apa yang akan kita tempuh nanti.

Penyedia Layanan Beasiswa

Penyedia layanan beasiswa ke luar negeri banyak sekali, di Indonesia sendiri ada beberapa penyedia layanan beasiswa yang cukup terkenal dan berkompeten. Beberapa di antaranya adalah

  1. Beasiswaa LPDP

Beasiswa LPDP (Lembaga pengelola dana penelitian), program ini merupakan program yang di kelola oleh Pemerintah Indonesia. Sebanyak 20 Triliun untuk 1600 mahasiswa setiap tahunnya. Namun program ini sagat Kompetitif sekali, saingannya bisa di bilang sangat lah ketat dan semakin meningkat setiap tahunnya.

Namun akan ada baiknya ketika kita sudah di terima di universitas negara tujuan kita, dan universitas tersebut merupakan universitas yang masuk ke rangking kurang dari 200 dunia. Hal ini akan sangat membantu karena pihak penyedia pun akan lebih tertarik dan yakin kepada kita.

  1. BU (Beasiswa Unggulan)

Beasiswa unggulan ini merupakan beasiswa yang di biayai oleh Dinas pendidikan. Prospek dari program beasiswa ini ke depannya adalah menjadi pegawai dan staff pendidikan di indonesia.

  1. PMDS-3

Merupakan program yang khusus mencetak lulusannya menjadi doktor, tetapi program ini khusus beasiswa di indonesia sendiri

Jika kurang jelas mengenai beasiswa dapat di cek pada laman berikut

merupakan web untuk info beasiswa Inggris dan untuk tenaga peneliti

biasanya kita akan mendapat supervisior, dan mendapatkan bantuan dana untuk pengembangan riset

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s