Susahnya Memunculakan Ide PKM

Posted on Updated on

Ide Kreatif adalah sebuah pemikiran yang unik, beda dari yang pernah ada serta bermanfaat. Sekalarang di Semester kedua saya kuliah ini muncul lagi program bergengsi antar Perguruan Tinggi di Indonesia. Yakni program PKM (Pekan Ilmiah Mahasiswa), yang merupakan sebuah kesempatan dimana para mahasiswa menyumbangkan ide-ide kreatif mereka dan menghasilkan sebuah karya yang akan di kembangkan menjadi suatu karya yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

semester satu kemarin ada program yang PKM juga yakni PKM-5 Bidang. Yang saat itu, memang sebagai mahasiswa baru di UNDIP terutama FSM dituntut untuk mengupload minimal 1 Proposal. Dan dalam setiap menulis sebuah PKM atau LKT yang pertama kita lakukan adalah menentukan Tema atau sebuah Ide untuk karya tersebut. Dan disanalah saya merasa betapa sulitnya menciptakan sebuah ide, karena dalam ide tersebut harus keatif dan Realistis. Ya mungkin karena menjadi seorang mahasiswa baru yang masih kurang ilmu dan pengalaman. Apalagi saya yang memang tidak punya background sama sekali dalam bidang karya tulis ilmiah.
Namun akhirnya, ada sesorang kakak tingkat tentor Cluster PKM saya. Kakak oki ade putra, yang kebetulan sejurusan fisika dan sering menang Lomba Karya Tulis Ilmiah diamana-mana yang akhirnya menyumbangkan sebuah ide yang beliau susun untuk kelompok saya. Walau akhirnya pada pengumuman PKM 2015 kemarin belum didanai.
Semester II ini datang lagi program PKM lain yankni PKM GT dan AI. Dan lagi-lagi saya masih mencari ide yang pas untuk karya tulis yang PKM tersebut, sebenarnya saya juga nggak terlalu niat untuk yang program PKM GT-AI namun tuntutan organisasi yang mengharuskan untuk mengupload PKM. Akhirnya juga harus berfikir lagi untuk mencari Ide, walaupun sekarang juga belum muncul-muncul.

“Dalam satu hari sempatkanlah waktumu sebentar untuk berpikir kreatif”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s