Belajar dari Soe Hok Gie

Posted on

“Kami jelaskan apa sebenarnya tujuan kami. Kami katakan bahwa kami adalah manusia-manusia yang tidak percaya pada slogan. Patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrisi dan slogan-slogan. Seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal obyeknya. Dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. Karena itulah kami naik gunung.” – Soe Hok Gie

Hakekat menjadai mahasiswa yang sebenarnya? Hmm… mungkin hingga saat ini saya juga belum bisa mengerti bagaimana cara menjadi mahasiswa yang sebenar-benarnya. Istilahnya masih mencari jati diri saya, Mengalami saat-saat metamorfosa dari seorang siswa menjadi mahasiswa. Sepertinya tidak terlalu penting. Tapi ini sangat penting sekali, karena akan berpengaruh dalam kehidupan saya kedepannya. Seorang mahasiswa yang baru menginjak dua semester ini. banyak hal yang saya ingin ubah terutama cara pandang dan menyikapi segala sesuatu yang ada di lingkungan global.Bagaimana saya memimpin diri saya sendiri untuk memilih akan menjadi mahasiswa yang seperti apa Tiga setengah tahun kedepan.

Belajar dari Soe Hok Gie.

Seorang Aktifis mahasiswa yang sangat luar biasa di zamannya. Digambarkan bahwa sosok kak Gie (panggil kakak aja biar enak J) seorang merupakan seorang mahasiswa yang kritis terhadap pemerintahan yang memimpin di zamannya namun kak Gie ini bukanlah seorang Mahsiswa yang asal main kritik dan ikut Demo-demo nggak beraturan, bertampang Preman yang berorasi ditengah Demonstrrasi layaknya mahasiswa saat ini (belum tentu juga sih).

Kak Gie malah sangat jauh berbeda, Perawakannya kecil, alim, cara jalannya lucu, senjatanya boleh jadi hanya pena dan mesin tik. Tapi ketajaman tulisannya di harian Kompas, Harian Kami, Sinar Harapan, Mahasiswa Indonesia, and Indonesia Raya membuat seluruh politikus korup saat itu gerah. Kak Gie gak pernah sembarangan menulis dan pastinya bukan tipe mahasiswa yang asal kritik doang. Dia tau betul situasi ekonomi, dia tau betul situasi politik, dia tau betul masalah sosial, peran pemerintah, dan konsekuensinya bagi masyarakat luas. Gie tau betul apa yang sedang dia perjuangkan, he knows what he’s doing (Soe Hok Gie _ Pemuda Indonesia yang Merdeka _ zenius blog.html)

Hebat sekali ya kak Gie ini, Rasanya saya juga ingin menjadi sosok Kak Gie ini. menjadi Aktivis lewat tulisan-tulisan yang ia rangkai. Tidak perlu ikut demo kesana sini, tetapi lebih efektif dan mudah untuk di mengerti. namun cukup berat mungkin, karena Background saya bukan orang yang seperti itu. saya menyelami dunia tulis-menulis baru dari SMA. But… I will Try. Insyaalah… Bisa nulis yang bekualitas seperti kak Gie ini.

 

Selain Menjadi Seorang Aktivis yang aktif dalam bidang Jurnalistik, Kak Gie ini ternyata juga hobi naik gunung.  Saya juga pengen naik gunung, tapi apalah daya saya yang sebenarnya orang yang lumayan Strong. Tapi kalau urusan Muncak-Muncak gitu juga lumayan males. Banyak uang juga yang keluar buat naik gunungnya, nyiapin peralatan terutama yang menguras uang. Uang mahasiswa kan mrepet.. hehe.

Leave a Reply

