Anak Al-Fatimah Idaman Mertua (?)

Posted on

Astagfirullah… kenapa bikin positingan kayak gini ya. Apakah aku sudah gila?. Sebenarnya ini hanya merupakan salah satu bentuk sanggahan dari postingan salah satu Member Dggrefa. Anak-anak Dggrefa sudah tahu kan. Kalau belum tahu silah kan cek postingan @Dian Dhifiyan ( Afwan dip, nggak bermaksud mencemarkan nama baik :v. Lagi pula membantu kamu agar cepat jadi Hitz, Hitz UINSA). Menurut saya postingan tersebut kurang greget sekali, kenapa colon menantu (calon -_-, colon mah usus besar)  idaman hanya buat anak jurusan pgmi? Anak fisika juga bisa dip. Namun kalau saya bawa nama jurusan, hmm… pasti saya juga di serbu pasukan nggak terimaan. Finally, jadilah Anak Al-Fatimah Idaman Mertua (?). kok ada tanya tanyanya (?). karena saya juga nggak bisa membenarkan atau menyalahkan sepenuhnya tulisan ini, ini cuma pendapat saya. Toh pendapat kan belum tentu fakta to. Bisa jadi, ini juga menimbulkan banyak yang kurang sepaham dan sependapat. Karena ini juga bawa nama Sekolah, bisa jadi juga anak sekolah lain juga nggak setuju. Kan kebisajadian yang lebih banyak lagi.
So, ini hanya untuk seru-seruan aja. Oke!
Ehmm… Ayo lah kita mulai bahas. Kenapa sih Anak Al-Fatimah Idaman Mertua (?)
1. Mandiri
Yups pertama adalah Mandiri, jelas lah anak Al-Fatimah. Sejak masuk ke Al-Fatimah siswa-siswanya mau tidak mau dan suka tidak suka harus masuk asrma. Hal ini jelas akan membuat siswi alfatimah harus hidup mandiri di Asrama, jauh dari orang tua dan kampung halaman. Walau diawal banyak yang nggak kerasan, tapi lama-kelamaan akan mulai menyesuaikan dengan lingkungan yang dituntut harus bisa ngurus diri sendiri.
2. Disiplin
Gimana nggak disiplin coba? Sekali anda melangar peraturan, pertanggung jawaban segera menanti. Di Al-Fatimah ada banyak organisasi salah satunya OPPMA, di sekolah umum disebut OSIS. Bedanya mereka mengurus seluruh kegiatan di sekolah maupun di asrama dari mulai bangun tidur hingga bangun tidur lagi. Banyak departemen di dalam OPPMA, tapi menurut saya yang paling sadis dan paling di takuti anak asrama adalah. Pengajaran, Penggerak Bahasa, dan Keamanan. Dan Departement tersebut yang membuat anak Alfatimah semakin disiplin (ciye… yang jadi Bagiannya).
Departemen Pengajaran , Departemen yang Paling Rajin. Tugasnya Membangunkan sholat, ngingetin ngaji, pokok nya yang berkaitan masalah keagamaan. Tapi jangan salah, mereka juga sadis kalau ngasih hukuman mulai dari berdiri saat dzikir (yang sering telat sholat jamaah -_-), denda hingga buat papan Pelangaran segede Papan tulis dengan format penulisan “TERSANGKA PELANGARAN SHOLAT, atas nama….. dengan bertanda tangan ustadz ustadzah”.
Departement Penggerak Bahasa, yang sering ngingetin Penggunaan bahasa, Muhadasah di pagi hari dan Aktivitas yang berhubungan tentang “Bicara”. Sekali ngelanggar menggunakan Bhasa Jawa Tidak pada tempatnya (selain minggu khusus bahasa jawa) ataupun Nggak ikut muhadasah (muhadasah ba’da subu, kebayang ngantuknya kayak gimana kan) kamu juga bisa jadi korban pelanggaran
Departement Keamanan, yang paling Tegas dan terkenal. Iya terkenal banget malah. Anak alfatimah yang nggak kenal keamanan, kebangetan banget malah. Mereka mengurus bagia kepulangan, perizinan dan Keteratutan selama di Astrama. Paling greget mereka harus jaga gerbang, matiin lampu malem-malem. Dan ketika nggak mematuhi peraturannya, pulang adalah jaminannya (nggak sampai segitunya kok)
Kenapa isinya kek gitu? Ya walaupun menakutkan, tapi kalau udah alumni enak kok membahas yang begini-begini. Malu memang tapi ini cara yang efektif buat orang disiplin. Meski ada yang ngelanggar tapi lama-kelamaan mereka juga akan sadar. Sehingga anak-anak alfaimah sangat disiplin dan menghargai waktu. Taukan sekali kalian terlambat, pertanggung jawaban berupa hukuman siap diturunkan.
3. Perhatian dan Pengertian
Banget malah. Hidup diasrama selama 3 tahun lamanya, 24 jam bertemu dengan orang-orang yang sama. Hal itu sangat membosankan. Tapi, dengan cara yang seperti itu justru akan merekatkan tali persaudaraan. Satu asrama ya satu keluarga, kita semua saudara walaupun tidak lahir dari rahim yang sama. Sehingga, sering sharing bareng, cerita masalah ini-masalah itu buat nentuin solusi nya bareng-bareng dan saling mengerti satu sama lain. [ kamu mau kan di ajak nyari solusi bareng-bareng, kamu iya kamu kamu yang lagi baca. Haha.. ].
4. Romantis
Banyak bibit-bibit anak sastra yang saya temui disini, sastra inggris, Sastra Kimia. Mulai dari yang sering baca buku, novel nulis Diary, nulis cerpen, nulis novel, nulis rumus juga ada. Sehingga kalau kamu lagi sedih dan galau, kamu akan di beri nasehat yang mencerah kan sekaligus membuat kamu tersipu-sipu, karena begitu indah rangkaian kata yang mereka ucapkan. Puitis-puitis islami gitu…
5. Pandai Memanfaatkan Keadaan
Anak Al-fatimah, merupakan anak yang aktif Organisasi dan memang di wajibkan untuk ikut organisasi. Sebagai anak organisasi sibuk pastinya, apalagi anak Redaksi. Hidupnya selalu dikejar-kejar Deadline, Apalagi kalau sudah mulai nyiapi Buletin dan Majalah. Rapat tengah malam sampai subuh. Kamu mau nggak mau harus ngorbanin waktu tidur mu yang begitu berharga, padahal kamu punya waktu tidur dari jam 10.00 – 03.00, itu waktu standartnya. Belum lagi jika ada tugas dari sekolah atau kamu takut nggak kebagian antrian mandi bisa-bisa Cuma tidur 3-4 jam saja [Mahasiswa mah sudah biasa kan begini, tapi ini anak SMP-SMA. Ini udah keren].
Sehingga mereka pun pintar mensiasati dan mengatur waktumu yang berharga, contoh (jangan nilai negatif ya) memananfaatkan jam kosong buat (tidur, ngerjain PR, ngerjain tuga organisasi), bangun pagi lebih awal, nyuaci malem-malem. So waktu kalian nggak akan terbuang percuma.
6. Pemberani
Kebiasaan serba mengantri, menjadi keseharian yang cukup melelahkan untuk anak asrama. Mulai dari mengantri makan, mengantri mandi, mencuci. Kalau mengantri mencuci baju, antriannya panjang dan butuh waktu yang lama. Biasanya anak-anak mensiasati dengan mencuci dimalam hari (walaupun ini termasuk pelangaran) dan kalau banyak yang mencuci jemuran nya sering penuh sehingga malam hari, kalau gak gitu ya waktu tahajud pergi ke jemuran buat menjemur pakaian. Atau mungkin ke kamar mandi di tengah malam.
Sumpah iku medeni wong.. aku ae gak wani. Lk gak di anter cah asrama. Biasane Monika sing paling kebal.
Masalah yang sering dialami, adalah makhluk terbang yang tidak diundang. Kecowak. Kecowak imut :3. Tapi tenang saja anak Al-Fatimah sudah kebal dengan hal-hal ini. Dengan jurus seribu bayangan kecowak pun siap di lumpuhkan.
Apalagi untuk urusan…
لقد جا ء كم ر سول من انفسكم عزيز……
Ngertikan anak Dggrefa :v
7. Rajin
Nggak usah dijelasin lagi rajin-rajin, apalagi kalau mau ada ulangan. Dipagi hari kalian kalau ke alfatimah pasti banyak menemui anak-anak lagi belajar di bawah pohon, di teras kelas, di depan kamar mandi atau sambil makan (ini nggak baik -_-) ya gitu deh. Atau saat menegangkan seperti pemeriksaan asrama, Semua barang-barang diasrama harus rapi, almari, kamar mandi harus bersih. Buku dan kasur harus rapi serapi-rapinya. Pokoknya serba Rapi.
8. Sabar
Luar biasa kesabarannya, menunggu pulang sebulan sekali dengan penuh semangat dan pantang menyerah. menunggu Antrian den
gan penuh harapan. Menunggu mu juga lebih sabar tentunya… tapi sayang kalau udah capek nunggu biasanya sering kelelahan dan tidur dimana-mana.
9. Solehah
Iya lah wong semuanya cewek, nggak ada yang soleh -_-.
Hehe.. anak Al-fatimah idaman sekali ya. Apalagi anak Dggrefa.
Namun sekali lagi ini cuma pendapat, dan buat seru-seruan aja ditengah postingan dian. Dian lagi dian lagi. Peace dip… nggak usah di ambil hati. beneran ini nggak usah di ambil hati atau di pikikan terlalu jauh.. hehe. Toh walau anak alfatimah nggak semuanya begitu. Insyaalah. mereka akan mencintai kalian dan selalu memataskan untuk menjadi calon menantu idaman Lillahi ta’ala.
Astagfirullah… kelar juga. Dip utang ku
#Picture by Elita Azmi Khoirunnisa (editan zaman kapan iki?)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s