Foton apa adanya dan ada apanya

Posted on Updated on

Taukan Foton? Foton si partikel tercepat, yang dapat menempuh jarak yang jauh dalam waktu sekejap ( kecepatan nya  dan merupakan kecepatan tercepat yang di ketahui saat ini). Foton juga merupakan teori tertinggi dari semua teori partikel. Namun disini bukan untuk membahas Foton dalam segi fisika karena foton yang ini jelas berbeda. Siapa sih yang nggak tau “Foton”, Foton nama angkatan Fisika 2015. Memang Foton kepanjangannya apa? Nggak ada kepanjangan tapi menyimpan sejuta esensi dari nama foton itu sendiri. 

Sebenarnya ini tugas PSC [physics Solidarity Center], yang isinya disuruh menunjukan bagaimana sih kelebihan dari angkatan mu? Bagaimana kerennya angaktan mu dibandingkan dengan yang lain?. Ya kalau ditanya demikian, yang saya rasakan “saya akan menerima kalian apa adanya temen-temen, bagaimana kekurangan dan kelebihan angkatan kita. Rasa persaudaraan dan kekeluargaan ini sudah tak mampu untuk ku ungkapkan lagi.” Nah, tapi itu dari segi perasaan (perasaan sulit utuk dilihat secara objektif dan tidak relavan untuk menggambarkan suatu hal) akhirnya mau nggak mau saya juga harus beri bukti konkret bahwa foton itu Different dari angkatan fisika yang lain. Hmm susah…. tetapi saya akan mencoba.

  1. Peserta TR [Training Rohis 1] terbanyak
  2. Angkatan paling inisiatif, pakai sarung (cowok) waktu TR
  3. Salah satu member foton seorang Hafidzah

Diatas gambaran singkat keunikan dan prestasi yang di raih Foton (ini cuma gambaran sedikit), sebagai angkatan baru di keluarga Fisika- Universitas Diponegoro. Tapi nggak afdhol juga kalau saya nggak ngasih pendapat akan hal yang paling berkesan di Foton, Fisika 2015. Walaupun ini sedikit jauh dari kata berkesan, bahkan beberapa orang yang berpendapat ini sebagai sebuah hal yang “negatif”. Tapi alangkah baiknya jika kita menilai segala kejadian dari berbagai sudut pandang, hal-hal di dunia ini relatif. Seperti halnya kejadian yang negatif juga dapat kita telaah dari sudut pandang negatif dan positifnya.

Masih ingatkah kalian peristiwa LKKM-PD 2015 tahun lalu? Iya seperti yang kita tahu, LKKMPD merupakan salah satu dari sekian proses alur Kaderisasi di jurusan Fisika. Seperti tahun-tahun sebelumnya akan terjadi nama keterlambatan. Keterlambatan ini pun relatif stabil mulai dari 0 sampai 1 jam. Namun, yang berbeda dari Foton telatnya nggak sampai segitu banget lah, Cuma satu setengah jam aja (hehe… ini bukan namanya telat). Sebenernya, kami udah mensiasati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan. Mulai dari kumpul bersama di Maskam Undip jam 5 pagi. Namun juga masih tejadi keterlambatan. Bahakan saking parahnya sampai satu setengah jam. Padahal kalau di hitung-hitung satu setengah jam itu waktu yang lama banget, dan efeknya juga kena di panitia LKKM-PD (bayangin aja jadwal yang udah tertata rapi, akhirnya juga akan kacau balau). Namun ada suatu hal yang sangat berkesan {menurut saya}, disaat keadaan yang seperti itu kita dapat menjukan bahwa ini lah kita, inilah Foton- Fisika Undip 2015. Ya silahkan saja kalau kakak panitia sedikit marah dan hampir aja membubarkan acara tersebut. Tapi akhirnya acaranya juga sukses kok. Dari kejadian itu, foton juga udah mulai mengatur rumah tangga angkatan kami, yang lebih terstuktur dan menghargai waktu.

dan disini lah kerennya Foton dan bedanya foton dengan angkatan yang lain [ walaupun tulisan ini nggak “ngena” tapi apa salahnya J ].

merantaulah. Gapailah setinggi-tingginya impianmu.

Berpergilah. Maka akan ada lima keutamaan untukmu.

Melipur duka dan memulai penghidupan baru. Memperkaya budi. Pergaulan yang terpuji serta meluaskan ilmu”

“Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halamannya.

tinggal kan negeri mu dan merantaulah ke negeri orang

Merantaulah, kau akan dapat pengganti dari kerabat dan kawan

Berlelah-lelah lah, manisnya hidup akan terasa setelah lelah berjuang” (imam syafi’i)

 

Hakikat dari kita ada di fisika Undip adalah untuk tholabul ilmi wa ibadah bukan? Ya kita merantau dari berbagai suku, berbagai agama dan dari berbagai status sosial lalu. kita merantau dan meninggalkan keluarga jauh dari tanah perantauan yang berat ini. di pertemukan dalam ikatan keluarga yang tidak pernah kita kenal selama ini,ditempat yang  penuh dengan orang-orang berintelektual, didalam tempat yang  layaknya operator yang akan mengubah diri kita menjadi mahasiswa yang luar biasa.  Semangat Foton! Kita hebat!.

 

Nama               : Diah Ayu Suci Kinasih

NIM                : 24040115130099

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s