Tester Kamera Xiomi YI M1

Posted on Updated on

Awal Oktober  lalu, Alhamdulillah kita baru aja beli kamera buat perangkat Hibah Undip 2017. Judul penelitian yang sedang kita garap adalah Studi Gelombang Riak Air menggunakan Kamera High Speed dengan bantuan Software Tracker. hehe. Bener atau nggak judulnya, intinya gitu.

Kameranya Xiomi YI M1. Gambaran umumnya, si kamera itu punya kecepatan 240 fps. Yang bakal kita gunain buat motret dan ngerekam gelombang riak air. Buat detailnya bisa di liat di video berikut. Btw, ini ga maksud buat promosi chanel yutube nya yaaa…

Nah pokoknya begitu, spesifikasi dari kameranya.

Berikut hasil jepretan dari si kameranya 🙂 Read the rest of this entry »

Advertisements

Ketika Bidikmisi Tak Segera Cair

Posted on Updated on

Memasuki minggu ke tiga bulan Oktober ini. Masa yang kurang mengenakan untuk anak kosan, karena sudah menjelang tangga tua. Uang kiriman bapak ibuk mulai menipis, sedangkan barang-barang kebutuhan sudah ingin di setok ulang. Nggak kebayang kan ya, untuk mahasiswa biasa — yang notabene InsyaAllah mampu dan biayai orang tuanya. Walaupun ini untuk mahasiswa dengan catatan tertentu. Lalu bagaimana dengan mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi. Iya, bidikmisi itu loh beasiswa dari pemerintah.

Sebenernya sikap dan sifat mahasiswaa bidikmisi yang aku lihat di angkatan ku ya nggak jauh beda sih sama mahasiswa reguler. Ada yang nggaya, maksudnya Read the rest of this entry »

Optika Modern : Fiber Optik dan Pemantulan Internal Total

Posted on Updated on

Fiber OpticsPemantulan Internal Total (total internal reflection) merupakan pemantulan yang terjadi jika yaitu ketika cahaya dari medium dengan kerapatan optis tinggi ke medium dengan kerapatan optis lebih rendah. Hal ini menyebabkan sudut datang terus di perbesar hingga sudut biasnya mencapai 90 derajat (sudut kritis) sehingga tidak ada sinar yang terbiaskan atau sinar akan terpantul sempurna.

Teknologi modern yang memanfaatkan fenomena pemantulan internal total adalah fiber optik (optical fibers). Serat optik adalah suatu pipa plastik yang terbuat Read the rest of this entry »

Special Day :D

Posted on

lets say hamdallah… Alhamdulillah. Akhirnya selesai juga Fisika Kuantum, tapi yang aku seneng bukan selesai dan kelar ujiannya sih tapi lebih ke pemberitahuan timeline yang dimana-mana tempatnya pada cerita dan sharing apa yang mereka rasain tentang bekajar fisika kuantum.

Aneh aja sih sebenernya. kan ini mata kuliah wajib, yang udah dari kemarin pun kita ngerasain susah dan betapa puyengnya belajar si kuantum ini. tapi ya namanya juga mahasiswa ya, kan momennya juga harus update. Begitu juga update gimana rasanya belajar fisika kuantum.

Bukan ini sih tapi special day nya. hihi.  Read the rest of this entry »

Sebuah Perenungan

Posted on Updated on

Passion, assertive, persistence

….. Orang yang punya passion
Pasti dia mengebu-ngebu
DIa assertive, dia berani untuk
Mengemukakan pendapatnya
Berani mengajukan idenya

Mau cerita sih tentang keruwetan pikiran yang sempet aku rasain di pertengahan hingga akhir september ini. Pemikiran ku kacau balau, sumpek ga jelas, terlalu banyak mikirin hal-hal yang nggak perlu di pikirin. Sebenernya. hmm.. pokok nya banyak banget.

Secara umum ada beberapa point yang ngeganggu diri aku sendiri, Read the rest of this entry »

Ketika Passion Jadi Kambing Hitam

Posted on Updated on

282920Aku belum bisa presentasi. Mungkin begitu yang selama ini aku rasain. Gelagapan ga tau mau ngomong apa didepan orang. Public speaking yang bisa dikatakan “buruk”. Aku sih pengen ngerubah hal-hal yang macam begini, soalnya udah semester tua. Ngga mau kalau pas sidang atau presentasi yang terbilang penting malah jadi absurd gegara pematerinya ga becus buat Read the rest of this entry »

LKTI COSMOS FISIKA UNDIP 2017

Posted on Updated on

myhomeHalo mahasiswa Universitas Diponegoro!

-LKTI COSMOS 2017-
Lomba Karya Tulis Ilmiah 2017 yang diselenggarakan oleh COSMOS FISIKA Undip dengan tema

“Riset dan Inovasi untuk Indonesia Mandiri”

Daftar dan kumpulkan karya terbaikmu sekarang!

Kirimkan abstrak karya tulis kamu sesuai subtema yang kamu pilih ke lkticosmos2017@gmail.com (GRATIS!)

Panduan penulisan lengkap bisa kamu unduh di bit.ly/Cosmos2017

Hadiah:
Juara 1 Rp 500.000,- + trophy
Juara 2 Rp 400.000,-
Juara 3 Rp 300.000,-

Semua peserta akan mendapat e-sertifikat lhoo

Ingat timeline LKTI COSMOS 2017 ya..

15 September – 1 Oktober 2017: Pendaftaran dan pengumpulan abstrak

15 Oktober 2017: Pengumuman lolos abstrak

16 – 29 Oktober 2017: Pengumpulan full paper karya tulis

12 November 2017: Pengumuman finalis

18 November 2017: Finalis LKTI Cosmos 2017

19 November 2017: Seminar Riset dan Inovasi

More info:
Ridho (+6289636893226)
Syifa (+6281646019349)

Ikuti terus info LKTI COSMOS 2017
Facebook: Cosmos Fisika Undip
LINE: http://line.me/ti/p/%40mpw7049o

#Cosmos2017
#BerkreasiBerinovasiWujudkanDalamPrestasi